Sinergi BUMN Siap Wujudkan Indonesia Digdaya

10

SIARAN PERS

Nomor: PR-10/S.MBU.3/4/2016

Bagian Humas dan Protokol Gedung Kementerian BUMN Lantai 12

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta 10110

Telepon (021) 29935678, Faksimile (021) 29935775

Salurkan CSR Rp49,3 Miliar di Jateng dan DIY, Sinergi BUMN Siap Wujudkan Indonesia Digdaya

Yogyakarta, 22 April 2017 – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah koordinasi Kementerian BUMN terus unjuk gigi dan membuktikan komitmennya untuk menggarap dan merealisasikan potensi di berbagai sektor bisnis di Indonesia. Eksis di tengah masyarakat melalui kiprah nyata dan menginisiasi pelaksanaan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, BUMN terus bersinergi dan siap mewujudkan Indonesia menjadi bangsa yang digdaya.

BUMN selalu berupaya untuk hadir di tengah-tengah publik. Dengan tagline BUMN Hadir Untuk Negeri, BUMN bersinergi untuk memberikan bantuan di bidang pariwisata, pendidikan, infrastruktur dan lain sebagainya, yang semuanya bertujuan untuk menggenjot roda perekonomian masyarakat. Kemajuan perekonomian tersebut menjadi kunci untuk menjadi bangsa yang digdaya di dunia. Demikian diungkapkan Menteri BUMN Rini M. Soemarno terkait rangkaian kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dikemas melalui pemberian bantuan Corporate Social Resposibility (CSR) BUMN senilai Rp49,3 miliar di Yogyakarta (22/4).

Pemberian bantuan CSR dari BUMN, tegas Rini, adalah salah satu wujud tanggung jawab BUMN terhadap masyarakat Indonesia. “Sejak awal, maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya untuk mengejar keuntungan, melainkan juga turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat,” kata Rini.

Rini melanjutkan, dengan dukungan BUMN, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara digdaya. Untuk mewujudkan hal tersebut, BUMN terus berupaya merealisasikan kesatuan visi dan misi untuk membangun negeri melalui semangat BUMN Hadir Untuk Negeri. “Semua BUMN akan bersatu padu membangun Indonesia dari daerah-daerah yang memiliki potensi untuk berkembang. Khusus di Yogyakarta, dengan sinergi CSR BUMN yang hadir di acara ini, akan terwujud kesatuan visi dan misi BUMN dalam mendukung program Indonesia digdaya,” tutur Rini.

Mengusung tema “Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri, Menuju Indonesia Digdaya”, rangkaian kegiatan BUMN di Yogyakarta ini juga menandai peringatan ulang tahun Kementerian BUMN dan sejumlah BUMN lainnya yang berulang tahun pada periode Februari-April. Selain pemberian bantuan CSR, dalam rangkaian acara tersebut juga diadakan Workshop BUMN Hadir Untuk Negeri, Kegiatan Bersih-Bersih Kawasan Wisata Candi Prambanan, serta peresmian Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan Candi Borobudur. Bantuan CSR yang diberikan BUMN antara lain di bidang sosial maupun pembangunan fisik yang akan segera dinikmati masyarakat di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bantuan tersebut di antaranya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, bantuan alat kesehatan hingga perbaikan jalan dan drainase, renovasi rumah ibadah, pelestarian alam serta bantuan di sektor pertanian.

Kehadiran Balkondes, jelas Rini, merupakan realisasi dukungan BUMN terhadap target pemerintah untuk mendatangkan sebanyak 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada tahun 2019 mendatang. Pendirian Balkondes juga bertujuan agar masyarakat yang tinggal di kawasan wisata prioritas, termasuk Candi Borobudur, siap menyambut kunjungan jutaan wisman dari berbagai negara. Dirancang sebagai etalase perekonomian daerah sekaligus ruang untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi yang ada, tahun ini BUMN menargetkan pembangunan 100 Balkondes di seluruh Indonesia. Dua puluh di antaranya didirikan BUMN di Jawa Tengah.

“Balkondes akan memberikan tempat untuk para wisatawan di kawasan wisata prioritas. Jadi misalnya kalau masuk ke kawasan Borobudur, bukan hanya melihat candi saja, tapi juga bisa menikmati aktivitas, suasana desa dan kegiatan masyarakat sekitar Candi Borobudur. Jadi wisatawan juga bisa mengenal budaya dan kearifan lokal masyarakat Borobudur,” ujar Rini.

Sebanyak 28 perusahaan BUMN yang terlibat dalam kegiatan CSR bersama ini merupakan entitas milik pemerintah yang berulang tahun pada periode Februari-April 2017. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Perum Jasa Tirta 1, PT Angkasa Pura I (Persero), PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT Bukit Asam (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), PT Indah Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Kawasan Industri Makassar (Persero), dan PT Nindya Karya (Persero).

Selain itu, BUMN yang juga ikut berulang tahun pada periode tersebut adalah Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Yodya Karya (Persero), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Taspen (Persero).

Informasi lebih lanjut hubungi:

Teddy Poernama, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

Email: [email protected], Telp. 081222550444

Source Sinergi BUMN Siap Wujudkan Indonesia Digdaya

Leave A Reply

Your email address will not be published.