Sinergi BUMN Hadir untuk Gempa di Malut, ANTAM Pimpin Aksi Tanggap Darurat

15

1 Agustus 2019 | Masa tanggap darurat gempa bumi di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, berakhir Minggu (28/07/2019). Tanggap darurat atas gempa bumi bermagnitudo 7,2 yang mengguncang Maluku Utara pada 14 Juli 2019 itu berlangsung selama 14 hari.

Kemeterian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) menunjuk ANTAM sebagai Koordinator penyaluran bantuan bagi warga terkena gempa tersebut. Perusahaan telah menetapkan 2 Posko Induk BUMN PEDULI yakni di ANTAM Ternate Representative Office, Jalan Batuangus No. 11 Ternate dan di Desa Saketa, Kecamatan Gane Barat, Maluku Utara.

“Bagi ANTAM, kegiatan ini merupakan implementasi dari program BUMN PEDULI yang dinisiasi oleh KBUMN dan bersinergi dengan BUMN lainnya di wilayah Maluku Utara. Sebagai koordinator penyaluran, ANTAM memfasilitasi BUMN lainnya yang hendak berpartisipasi baik berupa uang maupun barang,” ujar Arie Prabowo Ariotedjo selaku Direktur Utama ANTAM.

Arie menambahkan bahwa Perusahaan senantiasa berkomitmen dengan kegiatan aksi cepat tanggap bencana di sekitar wilayah operasional. Tim Emergency Response Group (ERG) ANTAM, Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara (UBP Nikel Malut) sudah berada di lokasi bencana sebagai respon tanggap darurat.

Kegiatan aksi tanggap bencana dan distribusi bantuan ini telah terkoordinir dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Utara.

Dalam penyaluran bantuan, terdapat 12 personil ANTAM yang terlibat. Terdiri atas 10 orang Emergency Response Group (ERG) dari Unit Bisnis Pertambangan Nikel Malut, UBP Nikel Sulawesi Tenggara, dan UBP Bauksit Kalimantan Barat, 1 paramedis serta 1 dokter.

Bantuan tanggap bencana gempa dibawa dari Ternate menuju Desa Saketa, Kecamatan Gane Barat (Posko induk) dengan menggunakan 3 truk kemudian didistribusikan ke desa lain menggunakan Long boat.

“ANTAM memberikan apresiasi atas sinergi BUMN yang terjalin di Maluku Utara. Hal ini menunjukkan bahwa ANTAM dan BUMN PEDULI senantiasa berkomitmen pada upaya peran BUMN Hadir untuk Negeri,” kata Arie.

Pada aksi tanggap darurat bencana gempa ini, ANTAM berperan sebagai koordinator penyaluran bantuan BUMN PEDULI di Maluku Utara. Sampai dengan 18 Juli 2019, turut serta Perum BULOG, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Asuransi Jasa Indonesia (JASINDO), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), PT PERTAMINA (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Perum Jaminan Kredit Indonesia (JAMKRINDO), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN), PT Jasa Raharja (Persero), PT Sucofindo (Persero), PT TASPEN (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Kimia Farma (Persero) Tbk, PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) (ASKRINDO), Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Ternate dan PT Bank BRI (Persero) Tbk.

Kegiatan ini telah diberitakan di antaranews.com, investor.id, ekonomibisnis.com pada tanggal 19 Juli 2019 berjudul “ANTAM respon tanggap bencana gempa Maluku Utara.”

Source Sinergi BUMN Hadir untuk Gempa di Malut, ANTAM Pimpin Aksi Tanggap Darurat

Leave A Reply

Your email address will not be published.