Sinergi BUMN Fasilitasi Ekspor-Impor Kedelai dan Ikan

10

21 Maret 2016

Surabaya – Pelindo III melalui anak usaha PT Terminal Teluk Lamong memanfaatkan fasilitas yang dimiliki untuk melakukan hal yang berarti bagi negeri. Bersama PT Surveyor Indonesia, Terminal Teluk Lamong akan melngembangkan bisnis di bidang impor kedelai dan ekspor ikan yang akan dikirim dari berbagai negara ke Indonesia khususnya JawaTimur.

Menurut perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) pada periode Januari – Agustus 2015, jumlah impor kedelai ke Indonesia mencapai 1.525.748 ton dan pada tahun 2016 diperkirakan naik hingga 5%. Sedangkan untuk nilai ekspor pada sektor perikanan, BPS mencatat kenaikan pendapatan yang signifikan. Pada tahun 2013, ekspor perikanan Indonesia mencapai 2,86 miliar dolar AS dan meningkat menjadi 3,1 miliar dolar AS pada tahun 2014 dan sudah menembus angka 906,77 juta miliar dolar AS pada kuartal I 2015. Berdasarkan data tersebut, Terminal Teluk Lamong memiliki potensi besar untuk memperoleh pasar.

“Diperkirakan Terminal Teluk Lamong berpotensi mendapatkan 100 call per bulan dengan adanya kerjasama dengan Surveyor Indonesia serta mempermudah akses kapal yang akan mengirim kedelai dan ikan dari dan ke Indonesia”, jelas Prasetyadi, Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong.

PT Terminal Teluk Lamong dan PT Surveyor Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman untuk merealisasikan potensi bisnis tersebut pada tanggal 15 Maret 2016. Fasilitas serta kecanggihan peralatan yang dimiliki membuat Terminal serba canggih tersebut dipercaya untuk menangani potensi besar dunia logistik di Indonesia. Kedalaman alur dermaga internasional yang mencapai -16 meter LWS serta kemampuan Ship to Shore twin lift yang mampu untuk mengangkat dua kontainer berukuran 20 feet sekaligus, menarik minat kapal-kapal internasional bermuatan besar untuk datang. Keamanan barang di lapangan penumpukkan pun terjamin dengan adanya Automated Stacking Crane (ASC) yang beroperasi secara otomatis. Untuk pengoperasian curah kering, Grab Ship Unloader berkapasitas 2000 ton per jam menjadi daya tarik tersendiri sehingga dapat mempercepat proses operasional.

Kecanggihan, kecepatan, serta ketepatan yang dimiliki PT Terminal Teluk Lamong merupakan potensi besar yang dimiliki Pelindo III dalam meningkatkan proses pelayanan kepada pengguna jasa. Kenyamanan dan keamanan pun terjamin dengan alat serba modern yang dimiliki sehingga Indonesia patut berbangga memiliki ikon pelabuhan baru bertaraf internasional.

Source Sinergi BUMN Fasilitasi Ekspor-Impor Kedelai dan Ikan

Leave A Reply

Your email address will not be published.