Sinergi BUMN Cerdaskan Bangsa

77

Tanjungpinang (Kepri), 8 Agustus 2016 – Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) kembali digelar sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia. Program Siswa Mengenal Nusantara 2016 ini merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN untuk merespon pasang surut gelombang perubahan dunia yang menjadi tantangan bangsa ke depan, memajukan peradaban bangsa, sekaligus tetap melestarikan kekayaan alam maupun keragaman yang dimiliki.

Pelaksanaan kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Program ini juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta “Membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa” serta memberikan kontribusi nyata pada masyarakat.

Masing-masing Provinsi dikoordinir oleh BUMN PIC dan BUMN Co-PIC. PIC seluruhnya merupakan Direktur Utama BUMN, yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata Provinsi dalam pelaksanaannya. BNI ditunjuk sebagai penanggung jawab pelaksanaan di Kepulauan Riau dibantu oleh PT Surveyor Indonesia dan PT Persero Batam.

“Kami akan mengirimkan pelajar terpilih dari 5 Kabupaten dan 2 Kota yang berada di Provinsi Kepulauan Riau untuk mengikuti Program Mengenal Provinsi Sulawesi Tengah selama 1 minggu. Siswa- siswi yang akan mengikuti program Eduwisata ini merupakan siswa terpilih berdasarkan hasil seleksi yang kami selenggarakan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Kepulauan Riau. Selain 20 Siswa terpilih, mereka didampingi oleh 3 orang pendamping diantaranya 2 Perwakilan Guru Teladan, dan 1 Perwakilan Dinas Pendidikan,” ujar Dian M. Noer (Direktur Surveyor Indonesia) di acara pisah sambut program SMN.

Selama di Provinsi Kepulauan Riau, siswa-siswi Sulawesi Tengah akan mengunjungi kantor perwakilan para BUMN yang berada di Kepri. Selain kunjungan ke kantor perwakilan BUMN, lokasi yang akan dikunjungi diantaranya Pulau Penyengat yaitu pulau yang pernah menjadi pengungsian Vietnam, Studi banding dengan SMA unggulan, dan tempat-tempat eduwisata lainnya di kabupaten yang ada di Kepulauan Riau. Selain itu para siswa juga akan mengunjungi beberapa perusahaan untuk mendapat gambaran mengenai dunia usaha.

Diharapkan melalui kegiatan ini para peserta dapat memiliki rasa cinta tanah air dan wawasan yang luas mengenai kebudayaan Indonesia, pendidikan dan kewirausahaan. Peserta maupun pemangku kepentingan pun diharapkan akan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia, yang telah berperan dalam meningkatkan Daya Saing Bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung tersebut.

“Kami harapkan setelah mengikuti program Eduwisata ini, siswa tidak hanya mendapatkan pemahaman tentang daerah wisata di Provinsi yang dikunjungi , tetapi juga akan mendapatkan wawasan yang lebih luas akan keragaman aktivitas wisata dan ekonomi di Indonesia,” tambahnya.

Selain Program Siswa Mengenal Nusantara, beberapa kegiatan lain yang akan diselenggarakan antara lain ; Program BUMN Mengajar, Kegiatan Bedah Rumah atau renovasi rumah bagi 28 orang Pejuang / veteran, Penyelenggaraan Pasar Murah untuk masyarakat kurang mampu, bantuan sarana air bersih dan MCK, pembinaan narapidana dan atlet nasional, elektrifikasi desa terpencil, pembinaan desa dan Kegiatan pesta rakyat merah putih berupa jalan sehat, pesta kuliner dan hiburan artis nasional.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387, Email: [email protected]

Source Sinergi BUMN Cerdaskan Bangsa

Leave A Reply

Your email address will not be published.