Sigap Tangani Kondisi Darurat Pelabuhan

20

08 Januari 2015

Banjarmasin – PT Pelindo III Cabang Banjarmasin bersama PT AKR Corporindo dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin menggelar simulasi penanggulangan kebakaran, kebocoran solar yang diangkut kapal di kolam pelabuhan dan penanganan korban tercebur di laut yang mengalami patah tulang tangan.

isten M Sistim Manajemen dan Informasi Agung Eka Wardana mengatakan, imulasi ini pentingdalam menghadapi keadaan tanggap darurat diarea pelabuhan sebagai bekal pegawai/petugas dilapangan serta security untuk menjaga keselamatan diri, kesigapan dan ketrampilan dalam menggunakan APAR sebagai alat untuk memadamkan api.

Simulasi dilaksanakan di Pelabuhan Martapura Baru, Selasa 16 Desember 2014 lalu dengan scenario sebuah tongkang yang merapat ke sebuah depo BBM di PT AKR untuk mengisi solar karena kondisi gelombang air yang tinggi sehingga kapal terombang ambing. Kondisi tersebut mengakibatkan selang nozzle BBM sudah terpasang ke tongkang milik AKR mengalami kebocoran sehingga terjadi kebakaran pada bagian motor pompa di Jetty mengakibatkan banyaknya solar tercecer di kolam pelabuhan.

Terhadap ceceran solar langsung ditangani oleh tim kebocoran PT. AKR dengan memasang oil boom. Terkait dengan kebakaran pihak PT. AKR meminta bantuan kepada PBK PT Pelindo III Banjarmasin untuk menanganinya. Selanjutnya mobil PBK PT Pelindo III meluncur untuk memberikan bantuan sehingga api berhasil dipadamkan.

Setelah ceceran solar dan kebakaran berhasil ditangani ternyata terjadi kecelakaan dimana seorang petugas terpeleset ketika akan mengambil oil boom dan mengalami patah tulang pada tangan kanannya. Kantor Kesehatan Pelabuhan langsung menangani korban yang luka untuk perawatan serta membawa korban ke Rumah Sakit untuk perawatan lebih intensif.

elain untuk meningkatkan ketrampilan penanganan keadaan darurat, latihan bersama ini dapat meningkatkan komunikasi yang terjalin diharapkan akan lebih efektif sehingga jika terjadi insiden di lingkungan pelabuhan dapat ditangani secara cepat dan efisien” papar AnnangCahyadiAsisten Manajer Hukum, Humas dan Pengamanan serta PBK. Melalui kegiatan ini PT Pelindo III Banjarmasin yang bersinergi dengan stakeholder pelabuhan membuktikan komitmen dan kepeduliannya terhadap penanganan kondisi darurat di area pelabuhan pentingnya K3.

Source Sigap Tangani Kondisi Darurat Pelabuhan

Leave A Reply

Your email address will not be published.