Siaran Pers Program BRV

22

SIARAN PERS

Nomor: PR-40/S.MBU.3/11/2017

Bagian Humas dan Protokol Gedung Kementerian BUMN Lt. 3

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta 10110

Telepon (021) 29935678, Faksimile (021) 29935775

Program BRV: Keberpihakan BUMN Bagi Peningkatan Taraf Hidup Para Pejuang

BANDAR LAMPUNG, 10 November 2017 – Pemerintah melalui Kementerian BUMN terus berkomitmen dalam mewujudkan penghargaan kepada para veteran atas jasa-jasanya memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa melalui Program “Bedah Rumah Veteran” di sejumlah provinsi di Indonesia.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung sekaligus mengunjungi salah satu rumah veteran yang menerima program Bedah Rumah Veteran (BRV) di Jalan Pagar Alam, Gang Aries, Kota Bandar Lampung pada Jumat (10/11/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro; Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Gatot Trihargo; Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk Jobi Trianda Hasjim dan sejumlah pejabat lainnya.

Pemerintah mencatat, masih banyak para veteran yang di hari tuanya mengalami kesulitan, khususnya belum memiliki tempat tinggal yang layak. Melalui program BRV, pemerintah hadir memberi dukungan bagi kaum veteran untuk bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Pelaksanaan kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi di Indonesia.

Bedah rumah dilaksanakan dalam bentuk perbaikan standar rumah hunian yaitu atap yang layak, lantai keramik, MCK, pengecatan dinding, ventilasi yang layak, dapur, ruang tidur dan ruang tamu. Nilai maksimal total bedah rumah sederhana adalah Rp40 juta per rumah. Dalam pelaksanaannya, BUMN yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas akan bekerjasama dengan Direktorat Zeni Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat atau TNI teritorial setempat untuk kegiatan pembangunannya.

Rini Soemarno mengatakan, program BRV menunjukkan keberpihakan pemerintah bagi kaum veteran dimana mereka adalah para pejuang yang pernah bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah serta berperan secara aktif dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan Bedah Rumah Veteran merupakan bentuk kontribusi nyata bagi para veteran sebagai bentuk ucapan terima kasih atas jasa yang diberikan. Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang diperingati hari ini, BUMN hadir untuk memberikan rasa penghargaan pada para pahlawan atas jasa-jasanya memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Rumah para veteran tersebut diperbaiki dan dipercantik sehingga selain meringankan beban mereka, rumah pun menjadi layak huni,” ungkapnya.

Program BRV telah dilaksanakan sejak tahun 2015 dengan jumlah rumah yang dibedah terus mengalami peningkatan setiap tahun. Sejak awal bergulir di 2015, tercatat 990 rumah veteran telah diperbaiki. Jumlah itu meningkat menjadi 1.443 rumah pada tahun 2016.

Di 2017, Kementerian BUMN menargetkan perbaikan kepada 1.644 rumah veteran atau naik 15% dari pencapaian tahun 2015. Hingga kuartal III 2017, tercatat sudah 376 rumah yang dibedah dengan pelaksanaan program BRV terbanyak dilakukan di Provinsi Papua dengan jumlah sebanyak 50 rumah.

Dengan demikian, secara akumulasi, hingga kuartal III 2017, sudah 2.809 rumah veteran yang dibedah atau mencapai 89% dari yang ditargetkan pemerintah sejumlah 3.230 rumah hingga 2019.

Untuk Provinsi Lampung, Kementerian BUMN telah melakukan program BRV terhadap 70 rumah yang terbagi 45 rumah di 2015 dan 25 rumah di 2016. BUMN yang terlibat dalam program ini adalah PT Waskita Karya Tbk, LPPNPI dan PT Perkebunan Nusantara VII di tahun 2015 dan PT Wijaya Karya Tbk, PT Perkebunan Nusantara VII dan Perum Damri di tahun 2016.

Untuk tahun 2017, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk ditunjuk Kementerian BUMN sebagai pelaksana program BRV di Provinsi Lampung dengan target yang ditetapkan adalah sebanyak 19 rumah. Hingga kuartal III 2017, PGN telah melaksanakan BRV sebanyak 40 rumah atau telah melampaui target yang ditetapkan.

Informasi lebih lanjut:

Ferry Andrianto

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

Telp. 021-29935678 ext 1107, Email: [email protected]

Source Siaran Pers Program BRV

Leave A Reply

Your email address will not be published.