Seruput Kopi Halmahera Binaan ANTAM

19

20 Maret 2019 | Pada tahun 2017, ANTAM berinisasi mengembangkan kopi robusta dengan cara memberdayakan warga Halmahera Timur. Lahirlah Kopi Buli atau yang dikenal dengan Kopi Halmahera yang dikelola oleh Rumah Produksi Kopi, Koperasi Permata Buli.

“Kami menanam kopi dan pala dalam program ini, namun memang kopi akhirnya lebih dikenal masyarakat. Waktu itu bibit kopi yang kita tanam sebanyak 113 ribu polibag,” ungkap Eko Budi Santoso selaku Ketua Koperasi Permata Buli.

Ketika mengawali program pada 2017, kelompok petani kopi mampu mencatat jumlah panen sebanyak 39 kg dari kebun seluas 89 hektar. Pada 2018, jumlah panen bijih kopi meningkat menjadi 241 kg atau 517 persen lebih tinggi dibandingkan 2017.

Kini jumlah pohon kopi mencapai 88.392 pohon dan sebanyak 166 petani kopi terus berupaya memenuhi permintaan bijih kopi di tingkat provinsi.

“Permintaannya cukup tinggi di Ternate, kami masih mempunyai banyak peluang untuk memenuhi pasar. Sementara ini, hasilnya kami konsumsi sendiri dan dijual secara lokal di Halmahera Timur,” tambahnya.

Kopi Halmahera ini merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ANTAM di Halmahera Timur. Produk unggulan tersebut bahkan sempat diseruput oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Bambang Gatot Ariyono pada Februari 2019 lalu.

Selain itu ada pula produk unggulan PPM lainnya yaitu produk olahan ikan Teri Monge, School Development Program (SDP), dan lapangan sepakbola Fermento Buli Halmahera Timur berkapasitas 500 orang yang diresmikan oleh Dirjen Minerba.

Source Seruput Kopi Halmahera Binaan ANTAM

Leave A Reply

Your email address will not be published.