Serunya Jadi Duta Sahabat Semata

53

20/8/2019 | KEPULAUAN SERIBU – Mengunjungi tempat konservasi Elang Bondol merupakan pengalaman pertama bagi Putri Nabila Hagi. Siswi kelas XI  SMA 65 Jakarta itu menjadi salah satu dari 60 anak terpilih sebagai Duta “Sahabat Semata” atau program Sahabat #SaveMaskotJakarta.

Putri,  bersama 9 orang lainnya, merupakan anggota kelompok “Bright Gas”, yang mendapatkan kesempatan melihat dari dekat konservasi Elang Bondol, dan mendokumentasikannya dalam bentuk video, pada Minggu (18/8).

Siswi yang aktif dalam kegiatan sinematografi itu, bersama kelompoknya sudah memiliki konsep tentang video Elang Bondol yang akan dibuatnya.

“Putri kebetulan tahu tentang Elang Bondol sejak kelas X, kebetulan waktu itu ikut Seleksi Abang None Jakarta Barat, dan diperkenalkan tentang elang bondol,” ujar siswi yang juga pecinta binatang tersebut.

Duta Sahabat Semata merupakan program PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III bersama Jakarta Animal Aid Network (JAAN), untuk mengenalkan habitat Elang kepada generasi Millenial. Setelah melalui proses seleksi, terpilih 60 pelajar yang berasal dari 10 SMA dan 5 Universitas di sekitar DKI Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu.

Kegiatan Pertamina Sahabat Semata ini dilakukan di Pusat Konservasi Elang di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu, dimana Pertamina, JAAN, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) memiliki program pelestarian Elang Bondol dan Elang Laut di pulau tersebut.

Selain Putri, di kelompoknya ada seorang mahasiswi dari Universitas Pertamina, Najla Fakhriyah. Najla yang menduduki bangku Semester 5, Jurusan Logistik juga merupakan salah satu mahasiswa terpilih sebagai Duta Sahabat Semata.

Perempuan berperawakan mungil itu, merasa ‘klik’ bersama adik-adik SMA di kelompoknya, yang tak hanya dari SMA 65, tetapi juga SMA 112 Jakarta.

“Seneng dan seru aja, karena kebetulan pas liburan semester. Ini merupakan kesempatan langka, bisa menambah pengetahuan dan saya bisa tahu lebih banyak tentang konservasi elang bondol,”ujar mahasiswa yang aktif di kelompok pencinta alam ini.

Hal senanda juga dirasakan para Duta Sahabat Semata dari kelompok “Pertalite”. Kelompok dengan 11 anggota ini, akan menggarap konsep vox pop atau mengumpulkan pendapat anak muda tentang pengetahuan mereka akan Elang Bondol.

“Konsepnya kita tanya, tahu nggak sih Elang Bondol. Trus kita tanya juga tahu gak sih maskot DKI,” kata Nazla siswi SMA 13 Jakarta.

Di kelompok ini Nazla bergabung dengan siswa dari SMA 75 Jakarta dan SMA 69 Kep Seribu, serta Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.

Sebagian besar Duta Sahabat Semata aktif dalam sosial media. Mereka berharap bisa memviralkan kampanye perlindungan Elang Bondol kepada teman-temannya dengan gaya penuturan masing-masing.

Bagi mereka, menjadi Duta Sahabat Semata memberikan banyak pengalaman baru. Selain mengenal satwa, para Duta juga melakukan aktivitas luar ruang (outbound) untuk mempererat team work dan mengasah kepemimpinan.

Duta Sahabat Semata juga melakukan pembersihaan pantai dari sampah dan ditutup dengan aktivitas menghadap laut, menyanyikan bersama lagu Padamu Negeri, yang dipandu secara live melalui IG @pandulaut.id oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Source Serunya Jadi Duta Sahabat Semata

Leave A Reply

Your email address will not be published.