Serahkan Surat Kepercayaan, Ini yang Dibicarakan Dubes Mansyur dengan Presiden Pantai Gading

15

23 Mei 2018 — Duta Besar RI Dakar yang merangkap negara Pantai Gading, Mansyur Pangeran menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan (Credential Letters) kepada Presiden Pantai Gading, Alassane Ouattara, di Istana Negara, Abidjan, Pantai Gading.

Dalam pertemuan tête-à-tête dengan Presiden Ouattara, Dubes Mansyur menyampaikan ucapan terima kasih Pemerintah Indonesia atas dukungan Pemerintah Pantai Gading terhadap pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019/2020, serta upaya saling dukung di fora internasional yang telah berjalan baik selama ini.

Dalam keterangan tertulis yang diterima hariansuara.com, Senin, (21/5), Dubes Mansyur bahwa Pemerintah Indonesia mendukung pencalonan Pantai Gading sebagai anggota ECOSOC sekaligus meminta dukungan dari Pantai Gading atas pencalonan kembali Dr. Angga sebagai CEO Sekretariat International Cocoa Organization (ICCO) yang berkantor pusat di Abidjan. Dubes Mansyur juga menyampaikan keinginan Pemerintah Indonesia untuk menunjuk seorang calon Konsul Kehormatan RI di Abidjan, Pantai Gading, yang berasal dari kalangan prominent person, yaitu Raisa Ernest Darboe, guna menjembatani hubungan bilateral kedua negara.

Di bidang ekonomi, Dubes Mansyur mengatakan perlunya penguatan hubungan perdagangan kedua negara khususnya dalam area industri strategis seperti kerja sama pembelian pesawat produksi PTDI, kapal buatan PTPAL, kereta Api buatan PT INKA, senjata buatan PT Pindad dan produk-produk industri strategis lainnya. Presiden Ouattara menyatakan terkesan dengan peran aktif Indonesia di berbagai fora internasional, serta kemajuan ekonomi yang telah dicapai saat ini. Ia menilai Indonesia sebagai negara maju dan cocok menjadi referensi untuk pembangunan di Pantai Gading.

Untuk memperkuat hubungan bilateral, Presiden Ouattara meminta kepada Menteri Luar Negerinya, Marcel Amon Tanoh, untuk membentuk tim teknis bilateral yang secara fokus membahas kerja sama di bidang palm oil dan cocoa dengan Indonesia. Kerjasama ini dimaksudkan untuk melindungi para petani kedua negara dari tekanan harga yang tidak stabil sebagai hasil permainan negara barat, serta membuat standar harga yang dapat melindungi kepentingan kedua negara sebagai penghasil cocoa dan palm oil terbesar di dunia.

Source Serahkan Surat Kepercayaan, Ini yang Dibicarakan Dubes Mansyur dengan Presiden Pantai Gading

Leave A Reply

Your email address will not be published.