Sensasi Menjadi Pilot di IBDExpo 2016

11

14 September 2016 — IBDExpo 2016 tidak hanya memamerkan berbagai produk unggulan BUMN, tetapi pengunjung juga disuguhkan berbagai permainan dan uji ketangkasan. Pengunjung dapat langsung merasakan sensasi menjadi pilot pesawat CN 219, menaiki panzer Amphibios, menguji senjata produk PT Pindad dan bisa menaiki menara AirNav Indonesia bila dapat menjawab kuis dari petugas Stand. Kokpit Demonstrator Pesawat N219 menjadi salah satu arena permainan favorit yang banyak digemari pengunjung. Mereka akan merasakan sensasi menjadi pilot pesawat terbaru produk unggulan PT.Dirgantara Indonesia. Bagi yang berhasil mendaratkan pesawat berkapasitas 19 penumpang tersebut, akan mendapatkan berbagai hadiah menarik seperti notebook, tas, pulpen dan lain sebagainya.

Untuk merasakan sensasi menjadi pilot ini, pengunjung harus mem-follow twitter dan instagram PTDI terlebih dahulu, kemudian mengambil nomor antrian di stand PTDI. Ketika giliran tiba, pengunjung langsung memasuki ruang kokpit. Di sana terdapat banyak panel dan instrumen layaknya sebuah peawat ditambah tiga layar besar sebagai tampilan kondisi udara. PTDI mendesain Kokpit Demonstrator hampir sama dengan kokpit pada pesawat aslinya, sehingga pengunjung benar-benar dapat merasakan berada dalam pesawat. Tapi tidak perlu khawatir, karena didampingi instruktur yang bertindak sebagai co-pilot yang akan membantu memberikan arahan dan instruksi. Setiap pengunjung diberikan waktu 3 menit untuk menerbangkan dan mendaratkan pesawat di Bandara Husein Sastratenagara, Bandung. Jika berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat, maka akan mendapatkan hadiah sekaligus selfie di kokpit.

“Rasanya deg-degan banget, seperti berada dalam pesawat betulan. Untungnya ada instruktur yang membantu, sehingga saya bisa mendaratkan pesawat dengan selamat,” tutur Ayu, mahasiswa Universitas Indonesia yang turut serta mencoba sensasi menjadi pilot.

Pengunjung IBDExpo lainnya Silfa, juga merasakan deg-degan luar biasa, bahkan sempat berteriak histeris ketika pesawat yang dikemudikannya meledak menabrak gunung. “Wah, ternyata susah banget jadi pilot, susah mencari landasan. Maklum baru pertama mencoba jadi pilot,” ujar warga Bogor ini sambil tersenyum. Meskipun gagal mendaratkan pesawat, ia mengaku senang bekunjung ke IBDExpo 2016 karena banyak produk unggulan BUMN yang dipamerkan namun selama ini belum banyak diketahui.

“Saya awalnya baca poster informasi IBDExpo di Stasiun Bogor, langsung ajak teman ke sini. Ternyata ramai banget, selama ini saya hanya tahu beberapa BUMN saja, padahal ternyata ada ratusan BUMN. Bisa mencoba jadi pilot dan naik panser, sesuatu banget” ujarnya.

Sementara itu, menurut Marketing Komunikasi PTDI, Nadia setiap hari pengunjung yang mencoba kokpit pilot CN219 sekitar 80 – 90 orang. Dari jumlah tersebut yang berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat rata-rata di bawah 10 orang. Menurutnya, Pesawat CN219 merupakan pesawat terbaru produksi tahun 2016 yang dibuat PTDI. Pesawat ini memiliki keunggulan lebih hemat bahan bakar, sehingga cocok dipergunakan untuk daerah kepulauan, khususnya untuk penerbangan perintis.

Source Sensasi Menjadi Pilot di IBDExpo 2016

Leave A Reply

Your email address will not be published.