Semangat Harkitnas 2016, Wujudkan Kerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter

9

20 Mei 2016

Cilacap – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 Tahun 2016, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau yang biasa disebut Pelindo III menerapkan pemakaian batik selama lima hari dimulai tanggal 16 – 20 Mei 2016 sesuai dengan arahan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Acara puncak peringatan Harkitnas tersebut diperingati dengan penyelenggaraan upacara bendera oleh segenap karyawan yang bertugas di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (20/5).

Mengusung tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter”, upacara yang dimulai pukul 07.15 WIB tersebut berlangsung dengan tertib dan khidmat. Puncak peringatan 108 tahun Kebangkitan Nasional yang ditandai dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila, Pembukaan UUD 1945 serta menyanyikan lagu perjuangan Bagimu Negeri ini bertujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai NKRI. Bertindak sebagai pembina upacara yaitu Plh General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Intan, Suparlan menyampaikan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

“Sesuai dengan tema yang diangkat, kita ingin menunjukkan bahwa tantangan apapun yang kita hadapi saat ini harus kita jawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter,” tuturnya.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2016 di lingkungan Pelindo III yang ditandai dengan pemakaian batik merupakan wujud ungkapan cinta produksi dalam negeri dan untuk memupuk semangat persatuan kesatuan dan nasionalisme bangsa Indonesia serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan cinta tanah air.

Lebih lanjut Suparlan menyampaikan bahwa kerja nyata kita, kemandirian kita, dan karakter kita semua terpusat pada pemahaman bahwa saat ini kita dihadapkan dalam kompetisi global. Sebagai satu kesatuan, mau tidak tidak mau kita harus bangkit untuk menjadi bangsa yang kompetitif dalam persaingan pada tingkat global tersebut. Semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbarui semangat Trisakti yaitu berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

“Jika kita konsisten, saya yakin jalan kemandirian ini insya Allah akan membawa bangsa ini mengalami kebangkitan yang selanjutnya, yaitu menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional,” tegasnya.

Source Semangat Harkitnas 2016, Wujudkan Kerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter

Leave A Reply

Your email address will not be published.