Selalu Wiken di Patok Picis Wajak

16

(25/05/2018) | Sebagai surganya wisata, Kabupaten Malang selalu menyuguhkan berbagai obyek wisata unik. Salah satunya ada di Desa Patok Picis Kecamatan Wajak yang selalu ada suasana Wiken. Eits, tunggu dulu. Wiken ini bukan berarti liburan akhir pekan. Melainkan Wiken ini kepanjangan dari Wisata Kampung Enem yang ada di desa tersebut.

Untuk menuju obyek wisata yang sedang ngehits ini, pengunjung harus menyiapkan tenaga yang ekstra. Karena jaraknya lumayan jauh dari pusat Kota Malang. Setidaknya harus menempuh jarak lebih dari 25 kilometer dan perjalanan ditempuh paling cepat 45 menit. Untuk menuju obyek wisata tersebut disarankan menggunakan roda dua.

Karena kondisi jalan tidak terlalu lebar dan masih ada jalan dengan kondisi bebatuan. Bisa menggunakan sepeda motor, akan tetapi harus diparkir di tempat yang telah disediakan. Kemudian pengunjung harus berjalan kaki untuk menuju obyek wisata tersebut.

Lelah perjalanan akan terbayar tuntas, ketika sampai ke obyek wisata yang diresmikan tahun 2017 lalu tersebut. Pengunjung akan disuguhi pemandangan alamnya yang sangat indah. Tiket masuknya sangat murah yakni Rp 5 ribu per orang dan membayar untuk parkir.

Obek wisata ini dikembangkan oleh desa dan karang taruna, bersinergi dengan Perhutani. Salah seorang tokoh masyarakat sekitar, Saiful mengatakan ada sejarah tempat ini dinamakan Wiken.

“Dulunya ada enam kepala keluarga yang tinggal di tempat ini. Kemudian, setelah tempat ini mulai banyak dikunjungi oleh pengunjung, enam kepala keluarga itu pindah ke desa. Sehingga dinamakan Wisata Kampung Enem,” ujarnya kepada Malang Post.

Dia menjelaskan, seiring bertambahnya waktu, tempat ini ramai dikunjungi pengunjung. Sehingga pada akhir 2017 lalu, pihak desa bersama karang taruna dan Perhutani sepakat membuka tempat wisata ini.

“Sejak kami buka tempat ini, animo pengunjung sangat tinggi. Setiap hari tempat ini dipadati oleh pengunjung terutama pada akhir pekan,” terangnya.

Dia menambahkan, kunjungan bisa mencapai ratusan orang saat akhir pekan.

“Kami tidak heran tempat ini terus didatangi oleh pengunjung, karena memang memiliki keindahan alam luar biasa. Selain itu, udaranya sangat sejuk dan kami juga mempercantik tempat ini sehingga membuat wisata kian betah,” pungkasnya.

Source Selalu Wiken di Patok Picis Wajak

Leave A Reply

Your email address will not be published.