Sejahterakan Warga Tegalrejo, PTPN XII Pancursari Segera Bangun Pabrik Karet Modern

18

Tuesday, 18 June 2019 09:47 | Memontum Malang – Sebuah pabrik karet segera dibangun di Dusun Bumirejo, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Kabupaten Malang. Pabrik tersebut tergolong paling modern, berkapasitas 2500 hingga 5000 kgr/5 ton karet kering/hari.

“Saat ini masuk tahap Aanwijzing atau proses tender. Selain dari segi produksi, dalam proses pembangunan pabrik ini diharapkan banyak menyerap tenaga kerja dari warga sekitar,” terang Hendro Prasetyo SP Manajer PTPN XII Kebun Pancursari beberapa waktu lalu.

Disinggung mengenai luas tanaman karet, Hendro menjelaskan, luas tanaman karet saat ini mencapai 850 Ha, mengarah ke 1200 Ha. Selain karet,juga ada tanaman lain seperti cengkeh.

“Kalau kami menilai 1200 ha tanaman karet,jika sudah masuki Tanaman Menghasilkan (TM) nanti, akan membutuhkan tenaga kerja rutin setiap hari nyambung terus sebanyak 500 orang penyadap. Dan itu menjadi pekerjaan tetap warga sekitar,” ulasnya.

Juga dijelaskan Hendro, untuk upah penyadap nanti, akan dibuat sistem borongan dengan nominal yang sangat menguntungkan yakni Rp 50 hingga Rp 80 ribu.

“Dengan berdirinya pabrik karet nanti,kami berharap,angka perekonomian warga Desa Tegalrejo semakin meningkat. Karena kalau kita lihat jumlah penduduk disana juga tidak terlalu banyak. Mungkin kalau bisa bersinergi dengan warga, bisa kerja sama dengan dengan kita, insyaallah kami cukup untuk memberi lapangan pekerjaan, ” beber Hendro.

Source Sejahterakan Warga Tegalrejo, PTPN XII Pancursari Segera Bangun Pabrik Karet Modern

Leave A Reply

Your email address will not be published.