Seiring Tren Kontainerisasi, Arus Peti Kemas Pelabuhan Maumere Meningkat

21

11 April 2016

Maumere – Pelabuhan L Say Maumere, Nusa Tenggara Timur, yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mencatat kinerja usaha yang positif selama triwulan I tahun 2016. Pencapaian kinerja bongkar muat peti kemas selama triwulan I tahun 2016 untuk satuan boks sebesar 4.901 boks, terjadi  peningkatan  sebesar 25% jika dibandingkan dengan triwulan I tahun 2015 sebesar  3.933 boks. Dalam satuan TEUs terealisasi sebesar 5.367 TEUs atau terjadi peningkatan sebesar 28% jika dibandingkan dengan triwulan I tahun 2015 yang sebesar 4.186 TEUs. Melihat persentasenya, peningkatan arus peti kemas Pelabuhan Maumere lebih didominasi oleh peti kemas berukuran 40 kaki. GM Pelindo III Maumere, Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, capaian tersebut disebabkan terjadinya perubahan pola pengiriman barang.

“Sebelumnya banyak mengunakan kapal general cargo, kemudian beralih menggunakan kapal peti kemas yang dirasa lebih efektif dan efisien,”jelasnya.

Pelabuhan L Say Maumere merupakan pelabuhan yang sedang dikembangkan ke arah kontainerisasi. Karena pertumbuhan arus peti kemas melalui pelabuhan tersebut telah menarik banyak minat perusahaan pelayaran. Sejauh ini, kata Ardhy, sudah ada dua operator pelayaran peti kemas domestik yang menyinggahi Pelabuhan Maumere secara berkelanjutan (continue) setiap minggunya. Kedua operator pelayaran  tersebut yaitu adalah PT Meratus Line dan PT Timur Asri Laut. Ardhy menambahkan, untuk mendukung tren kontainerisasi di pelabuhannya, sejumlah peralatan bogkar muat mulai direncanakan untuk ditambah. Saat ini mulai beroperasi satu unit Reach Stacker dan akan ditambah dengan satu unit Forklift yang berkapasitas hingga 7 ton.

“Adanya tambahan dua alat bongkar muat tersebut semakin menunjang peningkatan kinerja operasional. Sehingga ke depannya diharapkan Pelabuhan L Say Maumere semakin berkembang, mendukung peningkatan perekonomian di salah satu kawasan terdepan di Tanah Air ini,” pungkasnya..

Source Seiring Tren Kontainerisasi, Arus Peti Kemas Pelabuhan Maumere Meningkat

Leave A Reply

Your email address will not be published.