Sebagian Indonesia Diguyur Hujan, BMKG Prediksi Kemarau Masih Berlanjut

21

 21 September 2015 — Hujan mengguyur sejumlah wilayah barat Indonesia, mulai Riau yang mengalami kebakaran hutan dan kabut asap hingga Bandung dan Jakarta Senin hari ini. Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah itu disambut gembira oleh warga Indonesia. Itu terlihat dari reaksi publik di linimasa media sosial. “Alhamdullilah Hujan” menjadi trending topic di Twitter.

“Alhamdulillah hujan, terima kasih ya Allah atas nikmat-Mu yg satu ini yg udah berminggu-minggu kami nantikan,” demikian tweet akun @bosh_march. Menikmati hujan setelah lama tak mengguyur beserta bau tanah yang menyegarkan? Silakan saja. Tapi jangan terlalu gembira dan terlena sebab hujan ini hanya selingan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa hujan beberapa hari ini adalah pengaruh Osilasi Madden Jullian (OMJ). OMJ adalah siklus aktivitas pembentukan awan yang bergerak dari barat ke timur. Dari Afrika, osilasi bergerak menuju Asia, melewati Indonesia. Siklus berlangsung antara 30-60 hari.

“Saat ini osilasi sedang melewati Indonesia, makanya hujan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan BMKG, Edvin Aldrian. Saat ini, osilasi baru bertahan di wilayah barat Jawa. Sebelumnya, osilasi ada di Sumatera, menyebabkan hujan di Riau sehingga membantu memadamkan kebakaran hutan. Hujan kali ini bukan tanda bahwa Indonesia sedang memasuki masa peralihan. Hujan yang mengguyur akhir-akhir ini hanya selingan di antara musim kemarau yang kering. “Ini hanya bertahan hitungan hari, tidak sampai

mingguan,” kata Edvin saat dihubungi Kompas.com hari ini. Selanjutnya, masa kering akan kembali berlanjut. Edvin mengungkapkan, menurut standar yang ditetapkan BMKG, musim hujan ditetapkan bila curah hujan sudah mencapai setidaknya 50 mm. Walau menyebabkan pohon tumbang di Bandung, curah hujan akhir-akhir ini masih rendah. Fenomena El Nino masih berlangsung. Jadi, kekeringan dan kebakaran hutan di sejumlah wilayah Sumatera dan Kalimantan masih harus tetap diwaspadai.

Source Sebagian Indonesia Diguyur Hujan, BMKG Prediksi Kemarau Masih Berlanjut

Leave A Reply

Your email address will not be published.