Satu Ton Bibit Jahe Merah Untuk Warga Desa Hutan

12

BONDOWOSO, PERHUTANI (12/12/2015) | “ Hibah jangan sampai menjadi musibah, tetapi hibah harus menjadi berkah”, demikian yang disampaikan Moh. Ajib, Wakil Administratur Situbondo lingkup Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso saat membuka acara pelatihan bagi anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di KPH Bondowoso pada Jumat pagi.

Pelatihan yang bertajuk Pengelolaan Lahan Hutan Produksi Dalam Rangka Mendukung Pemberdayaan Masyarakat diikuti sekitar 60 peserta dari LMDH Kabupaten Situbondo dan Bondowoso dengan menghadirkan Agus Dwi Prasetya, Kepala Bidang Bina Produksi Kehutanan Dinas Kehutanan Jawa Timur (Dishut Jatim) sebagai narasumber.

Dalam rangkaian pelatihan ini, Dishut Jatim juga memberikan hibah 1 ton bibit jahe merah kepada masyarakat desa hutan (MDH). Bibit jahe merah secara simbolis diserahkan kepada Suparto, Ketua LMDH Angkrek Persada Desa Angkrek Kecamatan Botolinggo yang selanjutnya akan ditanam di bawah tegakan hutan dengan mekanisme Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Pemberian bibit jahe merah dilakukan sebagai upaya diversifikasi usaha bagi MDH di Jawa Timur.

Dalam kurun waktu bulan Desember ini, pelatihan dan penyaluran hibah dari Dishut Jatim bagi LMDH diadakan di 5 (lima) KPH antara lain KPH Bondowoso, KPH Jember, KPH Blitar, KPH Malang dan KPH Madura.

Source Satu Ton Bibit Jahe Merah Untuk Warga Desa Hutan

Leave A Reply

Your email address will not be published.