Satu Hari Pasca Implementasi Pembayaran Non Tunai di Jalan Tol, Transaksi Berjalan Kondusif

9

PRESS RELEASE

PT JASA MARGA (Persero) Tbk.

Nomor: 118/2017 Tanggal 1 November 2017

Satu Hari Pasca Implementasi Pembayaran Non Tunai di Jalan Tol, Transaksi Berjalan Kondusif

Jakarta, (1/11) – Proses implementasi 100% Pembayaran Non Tunai di seluruh Ruas Jalan Tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berjalan dengan kondusif. Tercatat per tanggal 31 Oktober 2017 kemarin, seluruh transaksi non tunai di seluruh Jalan Tol Jasa Marga se-Indonesia mencapai 97,72%.

Masih terdapatnya sebagian kecil transaksi tunai, mayoritas disebabkan oleh saldo kurang yang terjadi di ruas jalan tol yang dioperasikan dengan sistem tertutup.

Masalah ketidakcukupan saldo merupakan kendala yang sering ditemui terutama di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup.

Oleh karena itu, diharapkan pengguna jalan untuk selalu memastikan kecukupan saldo Uang Elektronik, terutama jika menggunakan jalan tol dengan sistem transaksi tertutup.

Hal ini sangat penting karena jika seluruh pengguna jalan telah memiliki Uang Elektronik dan melakukan tapping di GT Masuk, maka pengguna jalan tetap dapat melanjutkan perjalanan.

Namun jika saldo yang dimiliki sebenarnya kurang, maka kendala akan terjadi saat pengguna jalan keluar dari jalan tol melalui GT Keluar, dimana ada kemungkinan saldo yang ada di Uang Elektronik tidak cukup untuk membayar tarif sesuai perjalanan.

Demi menjaga kelancaran saat melakukan transaksi, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan. Proses top up Uang Elektronik dapat dilakukan di merchant-merchant yang bekerja sama dengan Perbankan, ATM, atau Kantor-Kantor Cabang Perbankan Penerbit Uang Elektronik.

Selain itu, Jasa Marga juga mengingatkan pengguna jalan tol agar melakukan proses tapping yang benar, baik di jalan tol sistem terbuka maupun sistem tertutup :

1. Jangan ragu ketika menempelkan kartu pada reader mesin Gardu Tol Otomatis (GTO)/ Gardu Semi Otomatis (GSO)

2. Jangan melakukan tapping dengan menggesekkan Uang Elektronik karena mesin akan lebih cepat bekerja jika ditap dengan posisi stabil.

3. Tunggu hingga Automatic Lane Barrier (ALB) atau palang gerbang terangkat sempurna.

4. Setelah lampu merah berubah menjadi warna hijau dan sisa saldo uang elektronik muncul di mesin Circuit Display Panel (CDP), barulah transaksi tuntas dan perjalanan dapat dilanjutkan.

Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui :

– Call Center Jasa Marga 24 Jam di Nomor Telepon 14080

– Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) & @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya)

– Instragram @official.jasamarga

– Aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi dengan fitur push notifications

– Website http://www.jasamarga.com

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

Dwimawan Heru

AVP Corporate Communication

PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta 13550

Telp. 021 8413526 / ext.117

Email [email protected]

Source Satu Hari Pasca Implementasi Pembayaran Non Tunai di Jalan Tol, Transaksi Berjalan Kondusif

Leave A Reply

Your email address will not be published.