Sambutan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara VIII. Pada Awal Tahun 2018

10

01 Januari 2018  — Salam sejahtera bagi kita semua. Mari dengan segala kerendahan hati, kitapanjatkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena, atas karunianya kita masih dapat bersama‐sama menyongsong hari baru di tahun yang baru. Perkenankan kami atas nama PT Perkebunan Nusantara VIII menyampaikan selamat merayakan tahun baru 2018 kepada Bapak dan Ibu seluruh Karyawan/ti, mitra kerja dan seluruh stakeholdersPTPN VIII. Sebuah kebanggaan bagi kami dapat menyapa Bapak dan Ibu sekalian di awal tahunini yang penuh dengan harapan‐harapanbaru.

Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi‐tingginya kepada Bapak dan Ibu yang telah mendukung dan menjadikan PTPN VIII masih eksis sebagai perusahaan perkebunanyang terus menghasilkan produk, prestasi, Kepercayaan dan kesetiaan yang telah membawa PTPN VIII tetap tumbuh ditengah ketatnya persaingan industriKomoditi Perkebunan di tanah air dan Mancanegara.

Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir ini kondisi PTPN VIII mengalami masa sulit, tahun 2017 adalah tahun yang tidak mudah untuk kita semua, dimana rugi berjalan tahun 2017 Bulan November mencapai Rp. 185,65 miliar. Oleh karena itu Dalam rangka mengatasi permasalahan yang akan dihadapi oleh komoditi kedepan, pentingnya revitalisasi dalam hal menggalang komitmen dan kerjasama dengan para stakeholder, serta mengubah paradigma pola pikir terdahulu yang melihat bahwa persoalan komoditi tidak hanya dalam sektor

budidaya saja, yang hasilnya bisa dijual untuk dikonsumsi atau diolah sebagai industri. Perkebunan itu memiliki multifungsi sebagai sumber kehidupan sebagian besar manusia. Fungsi lainnya juga sebagai pemelihara atau konservasi alam yang berkelanjutan dan keindahan lingkungan untuk dinikmati. Potensi tersebut dapat digali secara komperhensif, karena banyak sumberdaya hayati dan non-hayati yang bisa dihasilkan oleh perusahaan untuk meningkatkan keuntungan.

Guna mengendalikan tantangan masa depan dalam perkembangan bisnis yang semakin modern, dan menghadapi persaingan yang semakin ketat. Revitalisasi komoditi juga diartikan sebagai usaha, proses dan kebijakan untuk melakukan standarisasi kultur teknispada tanaman dan proses pengolahannya. Sehingga peningkatan protas dapat terwujud dengan dilandasi komitmen dan kerjasama untuk memberdayakan potensinya, membangun daya-saingnya, meningkatkan kinerjanya, serta menyejahterakan pelakunya, terutama seluruh insan perkebunan PTPN 8.

Sebagai bagian dari usaha untuk menambah revenue perusahaan, langkah positif yang dapat diambil adalah mengoptimalkan asset yang kita kelola diantaranya, melakukan kerjasama operasional di setiap wilayah yang memiliki potensi local terbaik. Karena jika asset tersebut dapat dioptimalkan, selain manfaat secara komersial bagi perusahaan, juga dapat menghindari penguasaan asset oleh pihak lain, serta sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan perekonomian yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah kabupaten/kota.

Pencapaian kinerja yang positif semakin dilengkapi dengan perolehan penghargaan yang diterima,diantaranya sebagai Runner Up peraih penghargaan Cost Improvement pada ajang HPN Award 2017 yang menjadi bukti, atas konsistensi PTPN VIII menerapkan Good Corporate Governancedalam menjalankan setiap aktifitas bisnis. Dalam upaya peningkatan Kinerja Korporasi, PTPN VIII melakukan langkah-langkah perbaikan internal dan eksternal, baik di bidang penjualan, Komoditi, Keuangan dan Ke-SDM-an yang didukung peningkatan dan konsistensi produk.

Tahun 2018 adalah tahun yang juga penuh tantangan bagi kita semua untuk terus konsisten melanjutkan kerja keras yang berbasis jujur, tulus dan ikhlas dan meneruskan program transformasi yang sudah kita canangkan di tahun 2017. Di tahun 2018, kita akan terus melakukan penguatan pada beberapa aspek yakni restrukturisasi

keuangan, implementasi e-procurement, juga bertekad untuk selalu bersinergi dengan Instansi Pemerintah, BUMN dan Swastaserta seluruh stakeholders dalam memberikan sumbangsih terbaik bagi Negara, Sinergitas antar instansi diperlukan untuk mendorong kapabilitas perusahaan. Dengan bersatunya korporasi, merupakan langkah strategis guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis keduanya. Semoga, pada tahun 2018 kita semua dapat menjadi lebih baik lagi dari tahun 2017.

Source Sambutan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara VIII. Pada Awal Tahun 2018

Leave A Reply

Your email address will not be published.