Saka Wanabakti Jatim Pelopori Upaya Mitigasi Kebakaran Hutan

92

SURABAYA, PERHUTANI (19/3/2016) | Untuk melakukan pencegahan dini kebakaran hutan dan evakuasi korban saat terjadi bencana, Gerakan Pramuka Satuan Karya (Saka) WanaBakti Nasional bekerjasama dengan Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur menggelar Diklat SAR dan Kebakaran Hutan Tingkat Nasional di Jati Papak, kawasan Alas Purwo, Jawa Timur, 17-20 Maret 2016.

Diklatsar yang diikuti tak kurang 120 anggota Saka Wanabakti utusan 23 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) se-Jawa Timur, utusan Saka Wanabakti Kwarda Bali dan Nusa Tenggara ini dibuka Ketua Saka Wanabakti Kwartir Nasional, Bambang Sukmananto dengan ditandai pelepasan sepasang burung merpati dan pemasangan tanda peserta diklatsar.

Diklatsar yang mengambil tema “Wujudkan Ketangguhan Pramuka Saka Wanabakti Menghadapi Bencana dan Penanggulangan Kebakaran Hutan” diawali dengan laporan Ketua Pelaksana Diklat, Dudun Supriadi.

Dudun menuturkan; Dalam rangka mencapai tujuan gerakan Pramuka perlu diselenggarakan pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan yang menarik, sehat dan memberikan tantangan yang berguna bagi masa depan mereka. Salah satu kegiatan tersebut adalah Diksar dan kebakaran hutan yang didalamnya akan diberikan pengalaman langsung untuk menimba ilmu dan aktualisasi diri terhadap masyarakat dan alam.

Ketua Pramuka Saka Wanabakti Nasional, Bambang Sukmananto dalam sambutannya menyatakan kegembiraan dan bangganya kepada Pramuka Saka Wanabakti Jawa Timur. Aktivitas kegiatan anggota Saka Wanabakti Jatim adalah yang teraktif di Indonesia dan tidak boleh dipandang sebelah mata.

“Untuk itu Saka Wanabakti Nasional berterima kasih kepada stakeholder serta Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur yang senantiasa memajukan Saka Wanabakti” demikian Bambang Sukmananto yang juga mantan Direktur Utama Perhutani ini mengapresiasi.

Selain dimeriahkan berbagai atraksi ketangkasan beladiri dan senam tongkat, pembukaan juga dimeriahkan atraksi seni tari Gandrung Banyuwangi, Drumband dan atraksi kecakapan penyelamatan korban/evakuasi disaat bencana dan kebakaran hutan oleh anggota Pramuka Saka Wanabakti Jawa Timur.

Source Saka Wanabakti Jatim Pelopori Upaya Mitigasi Kebakaran Hutan

Leave A Reply

Your email address will not be published.