Saka Wanabakti Binaan Perhutani Purwodadi Bersihkan Mata Air Sendang Sirah

8

PURWODADI, PERHUTANI (26/12/2015) | 70 (tujuh puluh) Anggota Pramuka Saka Wanabakti Binaan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi dan Dishutbun Kab. Groboganmelaksanakan aksi cinta lingkungan bersih-bersih sampah di Sendang Sirah, mata air yang berada di kawasan hutan petak 112 RPH Ngrijo BKPH Jatipohon Perum Perhutani KPH Purwodadi.

Selain membersihkan sampah, para anggota Satuan Karya Wanabakti ini juga melakukan aksi penanaman pohon di sekitar mata air. Dengan tujuan agar kelestarian mata air dapat terjaga dengan baik, di samping itu agar sekitar mata air semakin teduh. Beberapa pohon yang ditanam diantaranya pohon nangka, rambutan, kluwih, dan pohon kepoh.

Kegiatan yang dilakukan Pramuka Penegak ini merupakan rangkaian kegiatan orientasi calon anggota Saka Wanabakti yang dimulai dari hari Jum’at, tanggal 25 Desember 2015. Para peserta mendapatkan materi tentang Pengantar Ilmu Kehutanan, mengenal tanaman kehutanan Perisalahan hutan dan juga materi perlindungan pengamanan hutan. Disamping itu, peserta dikenalkan langsung tentang hutan dalam acara yang dikemas dalam bentuk Giri Wana Rally.

Administratur Perhutani Purwodadi selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing (Mabisaka) Satuan Karya Wanabakti Kwarcab 11 15 Grobogan, Damanhuri menyatakan bahwa menjadi anggota Pramuka harus dilandasi semangat keihklasan dan kesukarelaan, sehingga dengan menjadi anggota Saka Wanabakti diharapkan menjadi generasi muda yang tangguh dan manusia pilihan, anggota Saka Wanabakti hendaknya menjadi pemuda pelopor pelestari hutan dan lingkungan. Ditegaskan oleh Damanhuri, mengikuti kegiatan Kepramukaan adalah awal menjadi pemimpin. “ Seorang anggota Pramuka harus punya nilai lebih”.

Source Saka Wanabakti Binaan Perhutani Purwodadi Bersihkan Mata Air Sendang Sirah

Leave A Reply

Your email address will not be published.