Sadar K3, Pelindo Daya Sejahtera Gelar Pelatihan

26

02 Maret 2015

Surabaya – Pelabuhan merupakan area yang kompleks, penuh kegiatan operasional yang melibatkan alat berat dengan potensi risiko keselamatan yang cukup tinggi. Sadar terhadap isu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, selenggarakan Diklat Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja  Umum  (K3 Umum)  bagi tenaga alih daya yang ditempatkan di berbagai lingkungan kerja Pelindo III, Jumat (27/2).

Pelatihan diselenggarakan di lantai 2 Kantor Pusat PT PDS. Bekerjasama dengan konsultan K3 PT Nusantara Traiser, pelatihan yang diikuti oleh 24 tenaga alih daya bidang operasional tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada para pegawainya untuk waspada dan sekaligus meningkatkan hard skill di di bidang K3. Tidak hanya pemberian pemahaman tentang materi K3, peserta pelatihan juga diberikan training dan drill terhadap risiko kecelakaan yang mungkin timbul. Berikutnya akan diselenggarakan latihan langsung pelatihan pemadaman api dan penanganan kecelakaan dalam kondisi kerja.

Pelatihan didanai secara langsung oleh Pelindo III selaku pengguna dari tenaga alih daya tersebut. Sebagai perusahan yang fokus kegiatan pada bidang operasional, Pelindo III menerapkan standar yang cukup tinggi dalam hal kompetensi pegawainya. Untuk itu manajemen memberikan  dukungan yang penuh terhadap program-program pengembangan pegawai.

Direktur Utama PT PDS, Gugus Wijanarko menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan yang pertama diselenggarakan di lingkup tenaga alih daya yang ditempatkan Pelindo III. “Banyaknya komposisi tenaga alih daya yang ditugaskan di Pelindo III membuat pegawai tersebut merupakan bagian dari kekuatan mesin penggerak bagi segenap lingkungan kerja Pelindo III yang harus dikembangkan. Setelah pelatihan ini diharapkan peserta dapat berubah, dapat menjadi change agent dalam menyongsong perubahan pegawai yang berkinerja unggul dan aware dan comply terhadap K3,” jelasnya. Senada dengan Gugus, Direktur SDM dan Umum Pelindo  III Toto Heli Yanto menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini, ke depan kinerja dari pegawai yang ditugaskan di Pelindo III terus meningkat.

Seiring dengan peningkatan kinerja manajemen kini tengah merumuskan konsep peningkatan kesejahteraan bagi tenaga alih daya yang ditempatkan di Pelindo III. “Ke depan tidak ada lagi pegawai yang bekerja tanpa menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) dan tidak memahami prosedur pelaksanaan keselamatan kerja, karena pekerjaan lapangan di pelabuhan jelas memiliki risiko yang tinggi,” kata Toto.

Toto menambahkan, posisi PDS sebagai anak perusahaan yang mengelola tenaga alih daya Pelindo III memberikan tanggung jawab yang cukup tinggi bagi manajemen PDS, mengingat impact atas kinerja dari pegawai yang dikelolanya berdampak langsung terhadap perusahaan induk. Untuk itu PT PDS terus berinovasi dalam meningkatkan kinerja dari pegawainya.

Sebagai perusahaan bergerak di bidang penyedia jasa tenaga kerja PT PDS concern terhadap peningkatan kompetensi dari pegawainya. Dengan Direktur Utama yang baru, manajemen PDS telah membentuk Training Center sebagai unit yang khusus menangani pengembangan dan pelatihan bagi pegawai. “Untuk tahap awal PDS akan menangani pelatihan dan pengembangan bagi pegawai PDS saja, namun ke depan PDS Training Center akan menjadi Strategic Business Unit dalam penyelenggaraan peningkatan kompetensi bagi professional,” pungkas Gugus.

Source Sadar K3, Pelindo Daya Sejahtera Gelar Pelatihan

Leave A Reply

Your email address will not be published.