Rumah Kecantikan Tertarik dengan Tanaman Sereh Wangi di Hutan Padangan

11

PADANGAN, PERHUTANI (26/07/2019) | Salah satu rumah kecantikan terkenal di Kabupaten Bojonegoro, ‘Tirta Ayu Spa’ mengunjungi lokasi tanaman sereh wangi yang ditanam di hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Padangan, Kamis (25/7).

Tanaman sereh wangi ini ditanam di sela sela tanaman kayu putih seluas 5,9 hektare oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Makmur Desa Kendung, Padangan. Tepatnya di petak 22c Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Donan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tobo.

Dalam kesempatan tersebut Administratur Perhutani KPH Padangan Loesy Triana yang didampingi Wakil Administratur Padangan Timur Yeny Ernaningsih menyampaikan kepada peserta kunjungan bahwa tanaman sereh wangi tersebut dibudidayakan oleh LMDH setempat dengan sitem tumpangsari.

“Sereh wangi sendiri tergolong jenis rumput rumputan yang dapat tumbuh sepanjang tahun, untuk manfaat dari daun sereh wangi selain untuk kesehatan tubuh dengan cara diminum juga dapat diambil minyaknya dengan proses penyulingan,” katanya.

Loesy berharap kedepan hasil panen dari budidaya tanaman sereh wangi dapat menjadikan lapangan pekerjaan serta menambah pendapatan perekonomian masyarakat setempat.

Sementara itu Leniwati selaku pemilik rumah kecantikan ‘Tirta Ayu Spa’ mengatakan pihak nya tertarik untuk bekerjasama dalam budidaya tanaman sereh wangi di lahan Perhutani.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan manajemen KPH Padangan agar kedepan bisa segera melakukan kontrak kerjasama budidaya tanaman sere wangi,” ujar Leni.

Source Rumah Kecantikan Tertarik dengan Tanaman Sereh Wangi di Hutan Padangan

Leave A Reply

Your email address will not be published.