RSPP Adakan Simposium Awam Stunting dan Vaksinasi

14

23/7/2019 | JAKARTA — Bertepatan di Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli, Rumah Sakit Pusat Pertamina menggelar Simposium Awam Stunting dan Vaksinasi, di Graha RSPP. Sekitar 100 pengurus Posyandu dan Puskesmas se-Jakarta Selatan diberikan pemahaman terkait tumbuh kembang anak. Simposium diisi oleh dr. Siti Budiati SpA, dr. Purnama Fitri SpA, dan dr. Natia Anjarsari SpA.

Dr. Purnama Fitri SpA membahas tentang stunting, yaitu gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuh anak lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Tubuh pendek pada anak yang berada di bawah standar normal, merupakan akibat dari kondisi kurang gizi yang telah berlangsung dalam waktu lama.

“Karena itu, sangat penting bagi para ibu untuk memperhatikan kecukupan gizinya mulai dari masa kehamilan. Masa ini merupakan awal dari pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika sejak dalam kandungan gizi anak sudah baik, status gizi anak pun akan baik saat dilahirkan. Sehingga turut mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya, ” paparnya.

Sementara itu, dr. Natia Anjarsari SpA menjelaskan seputar pentingnya vaksinasi bagi perkembangan anak.

“Walaupun saat ini sudah modern, namun masih banyak orangtua yang tidak memberikan vaksinasi pada anaknya. Padahal, vaksinasi penting bagi daya tahan tubuh anak menghadapi suatu penyakit,” ujarnya.

Menurutnya, walaupun setiap manusia memiliki sistem kekebalan sejak masih dalam kandungan, namun sistem imun bayi belum bekerja seoptimal dan sekuat sistem imun orang dewasa sehingga mereka akan lebih gampang sakit. Di sinilah peran imunisasi untuk menjaga kesehatan bayi segera sejak baru lahir.

Dr. Siti Budiati SpA berharap, kader Posyandu dan Puskesmas bisa terus menyosialisasikan ilmu yang diperoleh dari simposium ini. “Karena kader Posyandu merupakan garda terdepan yang selalu dekat dengan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Source RSPP Adakan Simposium Awam Stunting dan Vaksinasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.