Rombongan Kemenko Kemaritiman dan NDRC Kunjungi Pabrik Peleburan INALUM

9

Senin, 01 Mei 2018 09:00:40

Kuala Tanjung – Rombongan Kemenko Kemaritiman dan National Development and Reform Commission(NDRC) dari Tiongkokmelaksanakan kunjungan ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM pada Jumat (27/4). Kunjungan ini sebagai bagian dari rangkaian Rapat Koordinasi Dalam Rangka Tindaklanjut KerjasamaGlobal Maritime Fulcrum – Belt Road Initiative (GMF-BRI) antara Pemerintah Republik Indonesia dan Tiongkok. Rapat yang dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Konektivitas dan Sistem Logistik Kemenko Kemaritiman, Rusli Rahim ini juga dihadiri oleh beberapa instansi selain INALUM yaitu Pelindo I, Badan Pengelola KEK Sei Mangkei, dan BOP Danau Toba. Rombongan langsung diterima oleh Manager Humas, Arfan Iqbal Harahap didampingi Irwan Trianto, Manager Umum & ADM – CFPP Project dan Ari Purwanto, Manager Pengembangan Bisnis.

“Semoga kunjungan Tim Kemenko Maritim dan Rombongan dari Tiongkok dapat melihat langsung melihat proses produksi Aluminium Ingot, Billet danFoundry Alloy yang telah dihasilkan INALUM,” demikian ungkap Arfan.

Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Konektivitas dan Sistem Logisitik Kemenko Kemaritiman, Rusli Rahim dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penerimaan rombongan Kemenko Kemaritiman dan NDRC di Pabrik Peleburan INALUM dan menjelaskan maksud dari kunjungan kali ini.

“Kunjungan ini dilakukan untuk mengkaji hal-hal apa saja yang perlu diketahui terkait proyek-proyek pengembangan yang ada disini setelah tadi kita sudah lihat secara langsung saat site visit,” jelas Rusli.

Kunjungan ke Pabrik Peleburan Aluminium satu-satunya di Indonesia ini didahului dengan kunjungan ke Pabrik Peleburan Aluminium Kuala Tanjung guna melihat secara langsung proses produksi yang ada. Dalam kunjungan ini rombongan juga diajak melihat produk-produk aluminium yang dihasilkan INALUM seperti Aluminium Ingot, Foundry Alloy, dan Billet. Selain itu rombongan juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Pelabuhan INALUM Kuala Tanjung yang telah berdiri sejak tahun 1982.

Setelah site visit, rangkaian kunjungan kemudian diisi dengan pemberian paparan proyek-proyek pengembangan oleh instansi yang hadir. Khusus dari INALUM, paparan diberikan oleh Manager Pengembangan Bisnis INALUM, Ari Purwanto  dan dilanjutkan dengan diskusi bersama antara Instansi yang hadir dengan Rombongan Kemenko Kemaritiman dan NDRC. Satu hal yang menjadi pokok pembahasan adalah status INALUM sebagai Anchor Kawasan Industri Kuala Tanjung yang turut berperan penting dalam proses pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung kedepannya.

Lebih lanjut pada kesempatan terpisah, Sekretaris Perusahaan INALUM Ricky Gunawan menyampaikan bahwa kedatangan Rombongan Kemenko Kemaritiman dan NDRC ke Pabrik Peleburan INALUM sangatlah tepat karena INALUM saat ini sedang  melakukan hilirisasi pada sektor tambang.

“Produk baru Billet dan Foundry Alloymerupakan salah satu contoh dimana INALUM sedang berusaha melakukan hilirisasi tambang, hal ini merupakan salah satu amanat dari Pemerintah kepada INALUM sebagai Induk Holding Industri Pertambangan,” tutur Ricky.

Selain berkunjung ke INALUM, Rombongan Kemenko Kemaritiman dan NDRC juga akan melakukan kunjungan ke instansi dan perusahaan yang memiliki proyek-proyek pengembangan menarik selama berada di Sumatera Utara.

Source Rombongan Kemenko Kemaritiman dan NDRC Kunjungi Pabrik Peleburan INALUM

Leave A Reply

Your email address will not be published.