Rimbawan Banyumas Timur Antusias Sambut Musim Tanam

9

BANYUMAS TIMUR – PERHUTANI (21/11/2015) | Musim penghujan tiba, di sambut antusias dan rasa syukur rimbawan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur dari Administratur, manajemen sampai mandor. Setelah sukses di bidang produksi, kini fokus mengejar sukses di bidang tanaman.

Luas tanaman Perhutani KPH Banyumas Timur tahun ini seluas 511,6 ha, terbagi luas : 161,6 hektare tanaman pinus silvikultur intensif (silin) ; 49,2 hektare pinus non silin, dan 300,8 hektare tanaman kopi. Kebutuhan bibit ± 836.566 plances, dengan rincian bibit pinus 331.758 plances, bibit kopi 386.256 plances, dan bibit tanaman rimba campur (Rbc) 118.552 plances. Bibit tanaman tersebut untuk kebutuhan bibit tanaman tahun berjalan (th 2015) dan sulaman tahun ke II (th 2014).

Administratur Perhutani KPH Banyumas Timur Wawan Triwibowo hampir setiap hari menyambangi petak-petak tanaman di sela-sela kesibukannya. Setiap kali ke lokasi petak tanaman selalu di dampingi pejabat pembina petak yang bersangkutan, ketika di petak 74 RPH Jambusari oleh Kasi PSDH Kusmanto, sebagai pembina petak, Asper, dan KRPH setempat, Kaur Tanaman dan Kaur Komunikasi.

Wawan pun selalu melibatkan diri untuk menanam, membaur dengan pesanggem. Pada kesempatan itu pula Administratur selalu mengingatkan jajaran petugas dilapangan juga kepada pesanggem dengan mengatakan, “Rimbawan sejati adalah mereka yang mampu membuat tanaman, dan lahan kosong menjadi hutan. Hutan jadi, maka hutan akan lestari, hutan lestari masyarakat akan mukti, dengan masyarakat mukti pasti bisa mewariskan hutan kepada generasi nanti.” kata Wawan.

Source Rimbawan Banyumas Timur Antusias Sambut Musim Tanam

Leave A Reply

Your email address will not be published.