Rayakan HUT ke-70 Tahun BNI Sediakan 70 Sumur Bor Air Bersih di Indonesia

25

Bandung, 28 April 2016 – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyediakan sumber-sumber air bersih baru beserta sarana pelengkapnya di 70 lokasi berlainan di seluruh Indonesia melalui pembuatan sumur bor. Untuk mengawali proses pembuatan sumur-sumur bor air bersih baru tersebut, BNI memulai pembangunan sarana air bersihnya tersebut di Jawa Barat. Di provinsi ini, BNI membangun 7 sumur bor air bersih dan fasilitas pelengkapnya yang menjadi bagian dari 70 sumur bor seluruh Indonesia.

Pembuatan sumur bor tersebut diawali dengan penyerahan secara simbolis proyek penggalian sumur bor air bersih di 7 lokasi di Jawa Barat oleh Direktur Utama BNI Achmad Baiquni kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Bandung, Kamis (28 April 2016).

Pembuatan sumur bor air bersih ini merupakan salah satu program unggulan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 BNI yang akan jatuh pada 5 Juli 2016. Program ini merupakan salah satu upaya BNI dalam mendukung program Nawacita yang diusung Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. BNI memandang pengadaan sumur bor ini memiliki peran penting karena memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, khususnya di daerah krisis air.

Program ini dilaksanakan sebagai upaya BNI mendukung pemerintah dalam mengurangi daerah-daerah krisis air di daerah-daerah tertinggal. Ke-7 lokasi pembangunan sumber air bersih di Jawa Barat adalah 2 lokasi di Garut, 2 di Indramayu, 2 di Majalengka dan 1 di Pangandaran.

“Semoga kontribusi kami itu bermanfaat bagi masyarakat setempat,” ujar Achmad Baiquni.

Selama ini, warga di daerah-daerah tersebut bergantung pada sumber air bersih yang diambil dari aliran sungai, yang baru dapat dikonsumsi setelah dialirkan melalui jaringan pipa dengan jarak yang relative jauh. Selain itu, di lokasi lainnya, warga sangat tergantung pada air hujan, sehingga tidak memberikan kepastian pasokan air bersih.

Pembangunan sumber-sumber air bersih beserta prasarana pelengkapnya ini dilaksanakan oleh BNI sebagai salah satu wujud pelaksanaan Misi BNI, yaitu Meningkatkan Kepedulian & Tanggung Jawab kepada Lingkungan dan Komunitas. Untuk itu, pembangunan sumber-sumber air bersih tidak akan berhenti hanya di Jawa Barat, ada 63 titik lainnya yang disiapkan di daerah-daerah tertinggal.

Sumber-sumber air bersih yang disiapkan selain di Jawa Barat antara lain adalah 5 sumber air di Sumatera Utara dan Aceh, 7 lokasi di Provinsi Sumatera Selatan dan lampung, 4 lokasi di Daerah Istimewa Yogjakarta dan Jawa Tengah, serta 10 lokasi yang tersebar di Provinsi Sulawesi Selatan, Maluku, dan Sulawesi Tenggara. Selain itu, BNI juga telah melakukan survei ke 9 titik di seluruh pulau Kalimantan, 12 lokasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, dua lokasi di Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, 3 di Provinsi Banten, dan 7 lokasi di Papua.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Ryan Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387, Email: [email protected]

Source Rayakan HUT ke-70 Tahun BNI Sediakan 70 Sumur Bor Air Bersih di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.