Ratusan Penggalang Beradu Keahlian dalam Inka Scout Challenge di Madiun

54

19 September 2017

Ratusan anggota pramuka mengikuti berbagai lomba tantangan pramuka (scout challenge) tingkat Penggalang di Lapangan Gulun, Kota Madiun, Minggu (18/9/2017). Lomba digelar Gugus Depan (Gudep) Teritorial PT Industri Kereta Api (Inka) dan bertujuan untuk membentuk karakter anak. Lomba diikuti anggota pramuka dari 11 SMP di Madiun meliputi lomba membidik kompas, lomba menaksir tinggi, lomba semaphore, yel-yel, cerdas cermat, dan pioneering. Wakil Ketua Majelis Pembimbing Gugus depan (Mabigus) Teritorial PT Inka, Puguh Dwi Tjahjono, menjelaskan pramuka mengajarkan berbagi macam keahlian dan kedisiplinan untuk membentuk karakter kuat pada anggotanya.

“Pramuka mengajarkan berbagai keahlian dan kedisiplinan pada diri kita semua, disiplin yang kuat, ketangguhan yang akan sangat membantu kita pada jenjang karir saat kita memasuki dunia kerja dan terjun di masyarakat,” kata Puguh saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan.

Lomba tantangan pramuka kata Puguh juga mengajarkan anak untuk menjunjung sportivitas, mengesampingkan sifat arogan dan belajar lebih dewasa.

“Saya harapkan adik-adik bisa mengikuti Inka Scout Challenge sebaik-baiknya, dengan mengedepankan sportivitas, kreativitas. Kita bentuk kerja tim yang bagus, kita kesampingkan arogansi-arogansi diri kita, kelompok kita, agar kita bisa belajar bersikap lebih dewasa, belajar menghargai orang lain, belajar menerima kekalahan dan kemenangan,” kata dia.

Sementara itu Ketua Gugus Depan Teritorial PT Inka Wai Wahdan menyebutkan Gugus Depan Inka yang berdiri sejak September 2015 itu merupakan Gudep Teritorial meliputi Siaga, Penggalang, Penegak dan ada Pandega. Namun hingga saat ini untuk Pandega belum ada anggotanya.

“Kegiatan yang sudah diikuti antara lain lomba penegak se-Kota Madiun, lomba penggalang tingkat propinsi, 2016 kita mengirimkan adik-adik untuk mengikuti Jamnas di Cibubur, dan pada Agustus 2017 ke Cibubur Raimuna tingkat penegak,” ujar Wai Wahdan.

Source Ratusan Penggalang Beradu Keahlian dalam Inka Scout Challenge di Madiun

Leave A Reply

Your email address will not be published.