Pupuk Kaltim Salurkan Donasi Karyawan untuk Korban Bencana Palu dan Donggala

31

02 April 2019 | Peduli korban gempa dan tsunami Palu-Donggala, Pupuk Kaltim salurkan bantuan senilai Rp484,29 Juta kepada 197 jiwa dari 54 Kepala Keluarga (KK), hasil donasi karyawan dan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Kaltim. Bantuan diserahkan perwakilan Perusahaan kepada keluarga korban, di Kantor Pemasaran Pupuk Kaltim Wilayah Palu Sulawesi Tengah pada 1 April 2019.

Superintendent Data dan Manajemen Kinerja Departemen Kesejahteraan dan Hubungan Industrial (KHI) Pupuk Kaltim Nendra Ariyanto, selaku penanggungjawab penyaluran bantuan, mengatakan hal ini wujud kepedulian keluarga besar Pupuk Kaltim bagi korban bencana Palu dan Donggala, khususnya yang memiliki hubungan keluarga dengan karyawan maupun yang belum tersentuh bantuan dari pihak lain. Penggalangan bantuan dilakukan melalui pemotongan gaji periode Oktober 2018, sesuai nominal yang ingin disalurkan masing-masing karyawan. Ditambah donasi anggota PIKA Pupuk Kaltim, yang turut menggelar aksi peduli sosial beberapa waktu lalu. “Begitu pula penyalurannya, kami libatkan perwakilan serikat pekerja di Pupuk Kaltim untuk memonitor langsung bantuan yang diberikan,” ujar Nendra.

Jumlah bantuan yang disalurkan beragam bagi masing-masing penerima, sesuai klasifikasi hubungan keluarga dan tanggungan jiwa dalam satu keluarga, terdiri dari diri sendiri, keluarga dekat dan keluarga jauh, serta tanggungan jiwa yang dihitung berdasarkan jumlah anak, suami atau istri korban, serta korban meninggal akibat bencana. Para penerima adalah hasil pendataan yang dibuktikan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), untuk selanjutnya diverifikasi panitia penyaluran bantuan sesuai rekomendasi yang diterima. “Bantuan langsung kami transfer ke rekening masing-masing sesuai besaran yang diterima. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk pemulihan kondisi pasca bencana,” tambah Nendra.

Salah satu penerima bantuan Dine Ariski (33), mengaku bersyukur atas kepedulian karyawan Pupuk Kaltim, karena sangat berarti untuk membantu perekonomian keluarganya. Apalagi sejak bencana terjadi, dia belum pernah mendapat perhatian seperti yang dilakukan Pupuk Kaltim. Ditambah kondisinya yang kini orangtua tunggal, pasca suami meninggal diterjang tsunami, sehingga tak bisa berbuat banyak selain mengandalkan keluarga untuk membantu merawat buah hatinya. “Bantuan ini sangat berarti bagi kami untuk modal usaha demi membesarkan anak-anak. Kami sangat berterima kasih kepada Pupuk Kaltim yang jauh-jauh datang memberi bantuan,” tutur Dine.

Hal serupa juga dirasakan Suciani (46), warga Tembolotutu Kecamatan Talise Kota Palu. Dirinya menyebut bantuan ini akan digunakan untuk perbaikan rumah yang rusak parah, setelah dihantam gempa dan tsunami. Apalagi kediamannya hanya berjarak 1 Kilometer dari pusat bencana, sehingga tak bisa menyelamatkan sejumlah barang berharga karena harus mengungsi ke gunung bersama anggota keluarga. “Saya tidak menyangka mendapat perhatian begitu besar dari Pupuk Kaltim. Bantuan ini akan saya gunakan untuk memperbaiki rumah agar bisa ditinggali. Semoga karyawan Pupuk Kaltim mendapat berkah atas amal dan keikhlasan yang diberikan kepada kami,” ucap Suciani.

Source Pupuk Kaltim Salurkan Donasi Karyawan untuk Korban Bencana Palu dan Donggala

Leave A Reply

Your email address will not be published.