Pupuk Kaltim Latih Dharma Wanita Bontang Keterampilan Menjahit Tingkat Dasar Dan Daur Ulang Sampah

22

19 Maret 2019 | Pupuk Kaltim fasilitasi peningkatan keterampilan dan kapasitas anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bontang, melalui pelatihan menjahit sampah daur ulang dan menjahit tingkat dasar selama 20 hari. Kegiatan dibuka Walikota Bontang Neni Moerniaeni, di Aula Gedung Diklat Kantor Pusat Pupuk Kaltim pada 18 Maret 2019. Pelatihan diikuti 35 peserta perwakilan seluruh unit DWP Kota Bontang, terdiri dari 15 peserta pelatihan menjahit daur ulang dan 20 peserta pelatihan menjahit tingkat dasar, dengan instruktur Mitra Binaan Pupuk Kaltim, yakni Eko Widji Rahayu dari Batik Beras Basah untuk pelatihan menjahit tingkat dasar dan Isminasriyati dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mitra Sukses untuk pelatihan menjahit sampah daur ulang.

GM Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid, mengatakan pelatihan ini sebagai wujud perhatian Perusahaan terhadap pemberdayaan masyarakat, dengan memberikan pelatihan serta keterampilan agar bisa lebih maju dan berkembang, khususnya anggota DWP Kota Bontang, dinilai memiliki potensi untuk lebih berkembang dalam bidang menjahit, jika dibekali dengan keterampilan yang mumpuni. “Kami harap seluruh peserta dapat menerapkan hasil pelatihan ini dengan baik di lingkungan masing-masing, serta dapat membuka usaha secara mandiri agar mampu meningkatkan kesejahteraan,” kata Nur Sahid.

Dirinya berharap pelatihan ini dapat menciptakan SDM Kota Bontang yang lebih andal, serta memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah. Upaya ini juga tak lepas dari pelaksanaan misi Pupuk Kaltim, salah satunya fokus terhadap pengembangan SDM yang mandiri, serta mampu menciptakan kesempatan kerja bagi diri sendiri maupun orang lain. “Mari tingkatkan harmonisasi dan hubungan baik yang selama ini terjalin, agar suasana kondusif terus tercipta di Kota Bontang, sehingga keberadaan Pupuk Kaltim dapat terus memberi manfaat bagi masyarakat,” tambah Nur Sahid.

Ketua DWP Kota Bontang Siti Hamna Agus Amir, mengungkapkan pelatihan ini sejalan dengan tujuan berdirinya organisasi Dharma Wanita, yakni meningkatkan kualitas SDM keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencapai kesejahteraan nasional. Menurut dia, salah satu tugas pokok Dharma Wanita adalah membina anggota keluarga, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan istri ASN, serta menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak. Dari hal tersebut menjadi dasar pelaksanaan pelatihan, sebagai implementasi tujuan pokok organisasi melalui kerjasama dengan Pupuk Kaltim yang diharap berkesinambungan. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang telah memfasilitasi kegiatan ini, sehingga peserta dapat menimba ilmu dari pelatihan yang dilaksanakan. Semoga apa yang didapat bisa berguna bagi keluarga maupun Kota Bontang,” harap Siti Hamna.

Walikota Bontang Neni Moerniaeni mengapresiasi pelatihan ini, sebagai sarana peningkatan kemampuan dan kapabilitas anggota DWP Kota Bontang yang sejalan dengan visi Smart, Green dan Creative City menuju Bontang sebagai kota maritim berkebudayaan industri. Dikatakan Neni, perempuan sebagai aset bangsa dituntut untuk lebih produktif dan sangat berpotensi jika diarahkan sesuai dengan kapasitas diri, termasuk anggota DWP Kota Bontang, sejatinya memiliki bakat yang bisa dikembangkan guna mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga. Selain menjadi seorang ibu, perempuan kata Neni juga punya hak dan potensi membangun bangsa dengan kemampuan yang dimiliki. “Potensi itu yang perlu digali dengan pelatihan yang difasilitasi Pupuk Kaltim. Pemerintah berharap kegiatan ini sebagai sarana dalam meningkatkan kemampuan diri anggota DWP Bontang agar lebih produktif,” harap Neni.

Selain memfasilitasi pelatihan, pada kesempatan itu Pupuk Kaltim turut menyalurkan bantuan 5 unit mesin jahit kepada DWP Bontang, guna mendukung produktivitas anggota pasca pelatihan. Bantuan diserahkan Nur Sahid kepada Siti Hamna Agus Amir, disaksikan Walikota Bontang Neni Moerniaeni. “Mari kita dukung Pupuk Kaltim agar terus beroperasi, agar bisa memberi manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” pungkas Neni.

Source Pupuk Kaltim Latih Dharma Wanita Bontang Keterampilan Menjahit Tingkat Dasar Dan Daur Ulang Sampah

Leave A Reply

Your email address will not be published.