Pupuk Kaltim Kembali Bekali Pengetahuan Administrasi Dan Pembukuan Bagi Mitra Binaan

20

01 Mei 2019 | Peningkatan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mitra binaan terus dimaksimalkan Pupuk Kaltim, dengan memberikan pelatihan serta kecakapan dalam mendukung kemampuan pengelolaan usaha, salah satunya pemahaman administrasi dan laporan keuangan para mitra binaan, yang kali ini melibatkan 13 peserta dari tiga kelompok usaha, yakni Kimasea, Cangkang Salona dan Keramba Jaring Apung (KJA) dari Koperasi Bontang Ekonomi Pariwisata dan Maritim (Kop BEM).

Dijelaskan Staf Departemen CSR Pupuk Kaltim Nikita Adriyani, pelatihan ini merupakan kolaborasi antara Pupuk Kaltim dengan LKP Suvi Training yang dilaksanakan selama dua hari, 29-30 April 2019. Kegiatan ini juga bentuk dukungan Pupuk Kaltim terhadap visi Smart City dan Creative City Pemerintah Kota Bontang, melalui program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. “Kegiatan ini dalam upaya mendukung kelanjutan dan kemandirian kelompok binaan Pupuk Kaltim, dengan menguatkan aspek kelembagaan atau organisasi yang terstruktur secara baik, termasuk pengembangan kapasitas (capacity building) anggota kelompok,” ujar Nikita.

Pelatihan ini diharap Nikita dapat menambah wawasan serta pemahaman anggota kelompok binaan Pupuk Kaltim, khususnya dasar pengelolaan administrasi, serta mampu menularkan pengetahuan tersebut kepada anggota, seperti proses pembukuan sederhana dengan metode pencatatan, agar kelompok binaan lebih memahami tertib administrasi dalam mendukung keberlangsungan usaha yang dijalankan. “Setelah pelatihan ini, kami harap para peserta memiliki kualifikasi dalam administrasi dan pembukuan guna menunjang kegiatan kelompok. Semoga apa yang didapatkan bisa memberi banyak manfaat,” tambah Nikita.

Kepala LKP Suvi Training Eviwati, berharap ilmu yang diperoleh peserta selama pelatihan dapat diimplementasikan sebaik mungkin, sehingga berdampak pada pengembangan usaha kelompok binaan. Pihaknya juga akan terus memberikan pendampingan kepada mitra binaan Pupuk Kaltim secara berkala, dengan berkunjung ke setiap kelompok untuk melihat implementasi keilmuan dari pelatihan yang diikuti. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang telah bermitra dengan LKP Suvi Training, khususnya pada pelatihan ini. Tindak lanjut ke depan, kami akan datang ke setiap kelompok untuk melihat penerapan ilmu sebagai bentuk pendampingan,” jelas Eviwanti.

Mewakili mitra binaan, Ketua Kelompok Kimasea Jusman, mengaku pelatihan ini sangat membantu dirinya memahami sistem administrasi dan pembukuan secara baik. Tak hanya ilmu serta pengetahuan yang mumpuni, pelatihan ini juga memberinya banyak motivasi mengelola manajemen usaha, serta peningkatan kapasitas anggota kelompok dalam mendorong pengembangan usaha secara terstruktur. “Kami sangat mengapresiasi upaya Pupuk Kaltim yang terus membina dan peduli kepada masyarakat, apalagi pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan usaha yang kami kelola,” tutur Jusman.

Source Pupuk Kaltim Kembali Bekali Pengetahuan Administrasi Dan Pembukuan Bagi Mitra Binaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.