Puncak Arus Balik, Jasa Marga Prediksi 126 ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Pada Hari Ini

13

PRESS RELEASE

PT JASA MARGA (Persero) Tbk

Nomor: No: 38/2017 Tanggal 01 Mei 2017

JAKARTA (01/05) Jasa Marga memproyeksi volume lalu lintas yg akan kembali ke Jakarta setelah libur panjang pada akhir pekan lalu akan meningkat pada Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (exit) arah Jakarta dan GT Ciawi (arah Jakata) dengan total volume lalu lintas mencapai 126 ribu kendaraan.

Puncak volume lalu lintas yang akan menuju ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama di Ruas Tol Jakarta-Cikampek diprediksi terjadi pada hari ini, Senin, (01/05), dengan proyeksi kenaikan volume lalin sebesar 25,6% dari lalu lintas normal.

“Pada kondisi normal, volume lalu lintas yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama menyentuh angka 75 ribu kendaraan, untuk arus balik kali ini, kami memperkirakan volume kendaraan yang melintasi GT tersebut meningkat hingga 94 ribu kendaraan, ” ujar Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication Jasa Marga.

Gerbang tol lain yang diproyeksi mengalami peningkatan yaitu pada GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi. Pada kondisi normal volume lalin mencapai sekitar 27 ribu kendaraan, sedangkan puncak lalin yang menuju Jakarta melalui GT Ciawi diproyeksi akan mencapai 32 ribu kendaraan atau melonjak 16% dari lalin normal.

Mengantisipasi hal tersebut, maka Jasa Marga akan melakukan upaya-upaya sebagai berikut:

Pelayanan Transaksi

Menambah jumlah Petugas Jemput Transaksi (PUTTRA) di Gerbang Tol padat, mempersiapkan kebutuhan uang kembalian dan Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) yang cukup, mengoperasikan gardu reversible, optimalisasi kapasitas GTO, pembayaran tol elektronik multibank (e-Toll) serta mempersiapkan tenaga pendukung seperti Petugas Piket dan Teknisi Peralatan Tol yang terjadwal untuk mengantisipasi kerusakan atau tidak berfungsinya peralatan tol.

2. Rekayasa Lalu Lintas
Penempatan Petugas untuk mengatur lalu lintas di simpul kemacetan (Simpang Susun Dawuan Km 66 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area dan Jalur Utama)

Dilakukan Rekayasa Lalu Lintas bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatasi kepadatan simpang susun seperti Dawuan, buka/tutup Rest Ares di ruas tol Jakarta-Cikampek dan serangkaian rekayasa lalu lintas di GT Cikarang Utama ketika menghadapi kepadatan

Pemberlakuan dedicated lane di Km 66 Tol Jakarta Cikampek saat arus balik

Penempatan kendaraan rescue multiguna untuk mengantisipasi gangguan lalu lintas di jalan tol

Pelayanan Konstruksi

Jasa Marga menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) 24 jam yang bertugas untuk memastikan (zero pothole) di jalan tol dalam waktu penanganan 2 x 24 jam yang didukung oleh dukungan Alat Berat ketika terjadi kondisi darurat seperti kecelakaan atau longsor.
Pelayanan Informasi

Dalam hal informasi, Jasa Marga terus melakukan update kondisi lalu lintas terkini di jalan tol:
Aplikasi Mobile JM Care
Call Center Jasa Marga di Nomor 14080
Twitter @PTJASAMARGA
Melalui Variable Message Sign (VMS)
Pemberian informasi melalui program radio siaran niaga
Live streaming CCTV melalui http://m.jasamargalive.com.

Untuk tetap menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran pengguna jalan tol selama arus Mudik-Balik Libur Akhir pekan ini, Jasa Marga menghimbau kepada pengguna jalan untuk:

• Memperhatikan rambu-rambu lalu lintas seperti larangan, himbauan dan petunjuk yang ada di jalan tol

• Mengisi bahan bakar yang cukup;

• Jaga jarak aman berkendara

• Mempersiapkan kondisi fisik kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh.

• Bila kondisi pengemudi lelah segera gunakan TI/TIP untuk beristirahat sejenak;

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

Dwimawan Heru

AVP Corporate Communication

PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah

Jakarta 13550

Telp. 021 8413526 – 8413630

Fax. 021 87793976

Email [email protected]

Source Puncak Arus Balik, Jasa Marga Prediksi 126 ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Pada Hari Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.