PTPN XII Kedunglembu Hasilkan Kakao Terbaik Kualitas Ekspor

33

Wednesday, 15 May 2019 12:00 | Banyuwangi – PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kedunglembu, Banyuwangi, menjadi salah satu BUMN yang mampu menghasilkan kakao terbaik berkualitas ekspor. Hasil kakao dari PTPN XII ini telah diakui dunia, dan menjadi penghasil kakao terbaik diantara PTPN XII lainnya.

Di lahan perkebunan kakao seluas 1.400 hektar yang berada di Kecamatan Glenmore, Banyuwangi Barat ini, juga dibangun wisata edukatif yang diberi nama kawasan wisata Doesoen Kakao. Di kawasan ini, pengunjung bisa belajar tentang seluk beluk coklat.

Kakao yang ditanam di kawasan perkebunan Kedunglembu ini, ada dua jenis, yakni jenis kakao Edel dan Bulk.

Menurut Budiharto, KTU di PTPN XII Kendenglembu, bahwa kakao yang dihasilkan dari perkebunan Kedunglembu, merupakan kakao terbaik diantara PTPN XII yang lain, dan berkualias ekspor.

Menurutnya beberapa negara pemesan seperti India, Eropa, Jepang, Swiss dan Perancis, telah mengakui kualitas kakao yang dihasilkan dari perkebunan ini.

” Kakao yang ada di PTPN XII Kendenglembu ini merupakan kakao yang terbaik diantara PTPN XII yang lain, sehingga kakao di kebun ini menjadi komoditi eksport yang dipesan oleh negara-negara lain seperti India, Eropa, Jepang, Swiss dan Perancis,” ungkap Budiharto.

Dikatakan dia, kebun Kendenglembu itu dalam per tahun setiap 1 hektar dapat menghasilkan 800 kg kakao kering. Sehingga dalam hitungan hasil 800 kg x 1.400 hektar, akan dihasilkan 1.120.000 kg kakao kering.

Sementara untuk harga kakao di pasaran, Budiharto menjelaskan bahwa kakao yang termasuk jenis Edel 1 kg nya mencapai Rp 80.000, sedangkan yang termasuk jenis Bulk dalam 1 kg nya berkisar Rp 38.000 hingga Rp 40.000.

Budiharto berharap agar ke depan hasil kakao dari PTPN XII Kedeunglembu ini, bisa lebih meningkat lagi.

Source PTPN XII Kedunglembu Hasilkan Kakao Terbaik Kualitas Ekspor

Leave A Reply

Your email address will not be published.