PTPN X Jalin Kerjasama Budidaya dengan PTPN XII

21

Kamis, 20 Juni 2019 | PTPN X dan PTPN XII melakukan kerjasama usaha budidaya tanaman tebu. Di lahan seluas 200 hektar milik PTPN XII, PTPN X akan menanam tebu yang akan digiling di PG Djombang Baru pada musim giling tahun 2020 nanti.

Direktur Operasional PTPN X, Aris Toharisman mengatakan ini merupakan bentuk sinergi BUMN, dimana PTPN X memiliki pabrik gula dan PTPN XII memiliki lahan yang luas.

“Ini adalah sinergi antara PTPN yang saling menguntungkan,” kata Aris disela-sela acara Tanam Perdana Kerjasama Usaha Budidaya Tanaman Tebu PTPN XII dan PTPN X Kebun Ngrangkah Pawon MT 2019/2020, Kamis (20/5).

Aris menambahkan dalam kerjasama ini, PTPN XII menyiapkan lahan, sedang bibit dan penggarapan kebun dilakukan oleh PTPN X. Potensi tanah di Kebun Ngrangkah Pawon ini sangat bagus dan target kami rendemennya minimal 8 persen.

Ditempat yang sama, Manager Kebun Ngrangkah Pawon, Roky Rostimorang mengatakan ini adalah kerjasama bukanlah kerjasama yang pertama, sebab di tahun 2009 dan 2016 pun sudah dilakukan. Setelah break di tahun 2018, kami menjalin kerjasama dengan PTPN X untuk MT 2019/2020 ini.

“Untuk kerjasama ini, kami menyediakan lahan seluas 200,14 hektar dan akan digiling ke PG Djombang Baru,” kata Roky.

Roky menambahkan diharapkan dengan adanya kerjasama ini bisa terjadi transfer knowledge khususnya untuk budidaya tebu.

Source PTPN X Jalin Kerjasama Budidaya dengan PTPN XII

Leave A Reply

Your email address will not be published.