PTPN VIII Ikut Serta dalam Grand Launching Gerakan Satapok

12

27 Januari 2018 — BANDUNG  Pemkab Bandung meluncurkan gerakan Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan (Satapok), di Lapangan Bola Kertasari Cibeureum Kab.Bandung Sabtu (27/1/18). Acara ini dihadiri oleh para pejabat teras Kodam III, perwakilan Polda Jabar, para camat lurah dan para penggiat lingkungan se-Jawa barat. Selain untuk menyelamatkan kondisi Sungai Citarum, saat ini Gerakan Satapok juga sebagai upaya mendukung program Citarum Harum yang dikoordinir Menko Kemaritiman, TNI & Polri serta Pemerintah Daerah dan

melibatkan sejumlah instansi dan Lembaga kemasyarakatan, termasuk PTPN VIII ikut serta di dalamnya, berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat Nomor : 614.05/Kep.79-Prodi/2018 tanggal 23 Januari 2018 perihal tim persiapan pencanangan restorasi ekosistem DAS Citarum. Pada kesempatan itu Bupati Bandung H. Dadang M. Naser menyampaikan, Grand Launching Satapok sesungguhnya adalah evaluasi terhadap kegiatan penghijauan masa lalu. Menurutnya, gerakan ini harus memastikan kualitas dan kuantitas pohon yang ditanam dapat hidup dan menghasilkan sesuatu. Sehingga selain menjaga ekosistim kehidupan, akan ada dampak manfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang merawatnya.

Saat dikonfirmasi Tim Humas PTPN VIII pada kegiatan tersebut, Direktur Manajemen Aset PTPN VIII Gunara mengatakan “sebetulnya, PTPN VIII sejak tahun 2010 telah berperan aktif dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan terutama pengelolaan lingkungan DAS Citarum seperti pelaksanaan kegiatan penanaman tanaman kopi dan kekayuan, baik yang dilakukan secara mandiri maupun bersinergi dengan pihak lain”. Dan hari ini, dalam program SATAPOK, PTPN VIII mendukung penuh program lanjutan Revitalisasi Citarum yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bandung, bagaimanapun juga keberadaan Citarum sangat berperan penting bagi masyarakat dan keberadaan Perkebunan itu sendiri”.

“pada tahun 2018 PTPN VIII juga akan banyak terlibat dalam kegiatan program Citarum Harum, rencananya bentuk dukungan PTPN VIII pada program tersebut antara lain penyediaan areal PTPN VIII untuk area persemaian dan penyediaan bibit kopi, “namun hal ini belum diputuskan bersama masih usulan dan akan dirumuskan kemudian oleh tim” tambahnya.

Pada intinnya PTPN VIII sebagai bagian dari tim persiapan pencanangan restorasi ekosistem DAS Citarum akan mengawal dan mensukseskan program ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab untuk menjaga kelestrarian lingkungan DAS Citarum.

Source PTPN VIII Ikut Serta dalam Grand Launching Gerakan Satapok

Leave A Reply

Your email address will not be published.