PTPN VIII Berikan Edukasi Pengolahan Teh ke Peserta SMN

19

4 Agustus 2016 —¬†Sebanyak 20 siswa tingkat SMA/SMK dari Sulawesi Utara mengunjungi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII di Kebun Rancabali Ciwidey Kabupaten Bandung. Kunjungan mereka, merupakan bagian dari Program Pertukaran Pelajar Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2016 yang digagas Kementerian BUMN.

Sebanyak 20 Siswa SMA/SMK dikirim ke provinsi lain untuk saling mempelajari keragaman di Nusantara, seperti budaya, adat istiadat, maupun pariwisata daerah. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan akan keragaman Indonesia dalam Bhineka Tunggal Ika. Jawa Barat menerima 20 Siswa asal Sulawesi sejak 31 Juli hingga 6 Agustus. Siswa tersebut, dibimbing Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan dikoordinir oleh 5 PIC BUMN Jawa Barat, yaitu PT Perkebunan Nusantara III, PT Biofarma, Perum Jasa Tirta II, PT Pupuk Kujang, dan PT Perkebunan Nusantara VIII.

Di Kebun Rancabali, para siswa diberikan suguhan keindahan alam dengan destinasi pariwisata yang menawan, seperti Perkebunan Teh Rancabali, Glamping Lakeside Situ Patenggang dan kunjungan edukasi mengenai sejarah, tata cara pemetikan teh, tea walk menyusuri perkebunan teh, serta proses pengolahan teh. Sekretaris Perusahaan PTPN VIII Dian Hadiana mengemukakan Program Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan edukasi berformat wisata. Selain mempelajari budaya, keragaman kesenian, dan mempelajari proses bisnis perusahaan BUMN secara umum, para siswa juga sekaligus menikmati destinasi keindahan dan keragaman pariwisata di Jawa Barat.

“Program ini merupakan salah satu kegiatan BUMN sebagai wujud kontribusi BUMN dalam berperan serta membangun kapasitas nasional (National Capacity Building) melalui generasi penerus bangsa,” katanya, Rabu (3/8).

Program ini, lanjutnya, sekaligus merupakan perwujudan nyata Gerakan Nasional Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka dan wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN untuk merespons adanya pasang surut gelombang perubahan dunia yang menjadi tantangan bangsa ke depan.

“Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa termasuk tunas-tunas muda generasi penerus bangsa, harus mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Source PTPN VIII Berikan Edukasi Pengolahan Teh ke Peserta SMN

Leave A Reply

Your email address will not be published.