PTPN IV Menerima Kunjungan Dubes RI

8

1 Juli 2019 | Dubes RI di Brussel Yuri Oktavian Thamrin menceritakan secara ringkas negara Belgia yang terletak di bagian barat benua Eropa dengan ibukota Brussel, dengan wilayah seluas 30.528 km2 atau hampir sama dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah dan memiliki populasi penduduk sekitar 11,3 juta.

Saya sebagai Dubes RI di Brussel sangat senang datang langsung ke industri kelapa sawit ini, khususnya di PTPN IV Kebun Adolina, karena saya mempunyai misi bagaimana negara-negara produsen sawit termasuk Indonesia yang tergabung dalam wadah Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC), untuk merespon kebijakan yang diskriminatif Uni Eropa (UE) yang mengklasifikasikan produk kelapa sawit sebagai komoditas bahan bakar nabati yang tidak berkelanjutan dan berisiko tinggi, sebut Yuri Oktavian Thamrin.

Di pasar Uni Eropa itu ada berbagai rantai pasok industri sawit yakni Komisi, Parlemen dan Dewan Eropa serta berbagai stakeholder lain. Untuk itu kedubes bersama Kementerian/ Lembaga terkait, dunia usaha telah mengadakan pertemuan untuk mematangkan strategi melawan UE yang melakukan diskriminasi terhadap komoditas kelapa sawit, kata Yuri Oktavian Thamrin.

Kunjungan ke PTPN IV, Yuri Oktavian Thamrin didampingi Sekretaris Fungsi Ekonomi KBRI Brusel Andi Sparingga, Wakil Ketua Umum GAPKI Pusat Togar Sitanggang dan diterima langsung Direktur Operasional PTPN IV Rediman Silalahi didampingi Pjs. Sekretaris Perusahaan, Riza Fahlevi Naim.

Turut hadir dari PTPN IV General Manajer Distrik III Fauzi Omar, Manajer Kebun Adolina Noveri Idris Butar-Butar, Kasubag, Kabid, Askep, Maskep dan Asisten. Rediman Silalahi mengucapkan, selamat datang kepada Yuri Oktavian Thamrin beserta rombongan, dan merupakan kehormatan tersendiri bagi kami dapat menerima kunjungan ini. Sebagaimana diketahui industri kelapa sawit Indonesia masih terus mendapat tekanan dari berbagai pihak termasuk negara Eropa.

Mudah-mudahan kunjungan ke PTPN IV ini  mendapatkan gambaran mengenai industri kelapa sawit serta memperoleh pemahaman yang lebih mendalam untuk dapat menghadapi black campaign produk kelapa sawit Indonesia di negara tujuan ekspornya, ujar Rediman Silalahi.

Noveri Idris Butar-Butar menyampaikan presentasi proses bisnis kelapa sawit mulai dari benih hingga menjadi CPO. Sebelumnya ditayangkan video profile PTPN IV.

Yuri Oktavian Thamrin dan rombongan juga melakukan site visit ke areal tanaman kelapa sawit di Afdeling II serta proses pengolahan TBS menjadi CPO di PKS PTPN IV Adolina.

Source PTPN IV Menerima Kunjungan Dubes RI

Leave A Reply

Your email address will not be published.