PTPN III Bidik Penjualan Teh Rp911 Miliar

18

5 Januari 2017 — PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN), anak usaha Holding BUMN Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III), membidik penjualan teh sebesar USD70,125 juta atau setara Rp911,63 miliar pada tahun ini.

Direktur Utama KPBN Iriana Ekasari mengatakan, sepanjang tahun lalu perseroan berhasil meraih penjualan teh senilai USD56,1 juta atau setara Rp729,3 miliar. ”Untuk tahun ini utamanya masih kami tujukan ke pasar ekspor. Kami menargetkan penjualan teh tumbuh 25%,” kata Iriana kepada sejumlah media di Jakarta kemarin. Dalam merealisasikan target tersebut, perseroan berencana meningkatkan volume produksi teh dari 36.000 ton dari tahun lalu menjadi 45.000 ton. Seluruh produksi teh tersebut akan berasal dari seluruh anak perusahaan yang tergabung dalam Holding BUMN Perkebunan PTPN III.

”Dari tambahan volume produksi teh sebesar 9.000 ton itu sebagian besar atau 90% akan dijual ke pasar ekspor,” ujarnya. Beberapa perusahaan besar yang tergabung dalam Jakarta Tea Buyer Association (JTBA) adalah pembeli tetap komoditas teh di KPBN. Sejumlah 60% komoditas teh dari KPBN dibeli untuk pasar domestik. Untuk tujuan ke mancanegara, pembeli mengekspor teh ke Malaysia, Amerika Serikat, Polandia, Pakistan, Uni Emirat Arab, Inggris, dan negara lain. ”Dari total 45.000 ton volume teh yang kami produksi, untuk ekspor sekitar 35%, sisanya untuk pangsa pasar lokal,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PTPN III Holding Elia Massa Manik menjelaskan, kontribusi anak usaha KPBN melalui penjualan teh terhadap induk usaha masih kecil atau sebesar 3%. Hal tersebut disebabkan makin menurunnya harga jual teh kelas premium di pasar internasional. ”Dari produksi teh nasional itu, 50% berasal dari Holding PTPN. Dulu kontribusi penjualan teh mencapai 5-7%, ini disebabkan turunnya volume dan harga di pasar internasional,” kata dia.

Untuk menggenjot harga jual di pasar global, perseroan akan meningkatkan kualitas teh jenis premium sehingga mempunyai mutu yang dapat bersaing dengan negara lain. Selain itu, PTPN III juga akan memperluas jumlah buyer di luar negeri. ”Kami akan menggenjot dari hulu, mulai produktivitas, pemupukan, pemeliharaan, hingga panen. Untuk pupuk saja, kami menyiapkan Rp1 triliun,” tuturnya.

Source PTPN III Bidik Penjualan Teh Rp911 Miliar

Leave A Reply

Your email address will not be published.