PTPN I Hingga XIV Kini Punya Komisaris Independen

11

6 September 2016 — Jakarta  Jajaran dewan komisaris di 13 PT Perkebunan Nusantara (PTPN), yakni mengalami pergantian. Perubahan jajaran Dewan Komisaris kali ini menitikberatkan pada penguatan good corporate governance (GCG) dengan menambah posisi komisaris independen di masing-masing perusahaan.

“Komisaris independen, baik yang baru diangkat maupun yang dialihtugaskan fungsinya menjadi komisaris independen berjumlah 13 orang dari total 24 orang komisaris baik yang baru diangkat maupun pengalihan,” jelas Direktur Utama PTPN III, E Massa Manik dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/9/2016). Komisaris independen merupakan anggota dewan komisaris yang tidak terafiliasi dengan direksi, anggota dewan komisaris lainnya, serta bertindak independen demi kepentingan perusahaan.

Adapun tanggung jawab komisaris independen adalah mendorong penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik di dalam perusahaan.  “Dukungan dewan komisaris sangat diperlukan. Dewan komisaris harus bisa mengawasi dan menegur langsung manajemen untuk perbaikan. Apalagi ini sudah diperkuat dengan komisaris independen sebagai bagian dari praktik GCG,” kata dia.

Adapun komisaris independen yang baru diangkat adalah Rustam Efendy N (PTPN II), Osmar Tanjung (PTPN IV), Tonny Harisman Soetoro (PTPN VI), R Juniono Soehartjahjono S (PTPN VII), Antonius Harso Waluyo Witono (PTPN VIII), Arvan Rivaldy Raebion Siregar (PTPN X), dan Martinus Sembiring (PTPN XIII). Sementara itu, komisaris yang dialihkan tugasnya menjadi komisaris independen adalah Ari Maulana (PTPN I), Ari Dwipayana (PTPN V), Bambang Risyanto (PTPN IX), Nus Nuzulia Ishak (PTPN XII), Achmad Yahya (PTPN XIV), dan Fadhil Hasan (komisaris independen merangkap komisaris utama PTPN XI).

Komisaris utama yang baru adalah E Massa Manik (PTPN IV), Amrizal (PTPN V), Banun Harpini (PTPN VI), dan Agus Pakpahan (PTPN VII). Untuk komisaris yang dialihtugaskan menjadi komisaris utama adalah Karen Tambayong (PTPN VIII), Suharnomo (PTPN IX), Siswaluyo (PTPN XII), dan Ambo Ala (PTPN XIV).

Source PTPN I Hingga XIV Kini Punya Komisaris Independen

Leave A Reply

Your email address will not be published.