PT PNM Asah Keterampilan Nasabah

5

16/05/2019 | PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM melatih 50 nasabah binaan produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Aula Lantai Atas Rumah Makan Samudra Jalan Jenderal Sudirman, Senin (29/4). Para nasabah dilatih untuk mendesain dan mengemas makanan kecil.

Pemimpin Cabang PT PNM (Persero) Tasikmalaya Luki Nurwendhi menerangkan, pelatihan itu merupakan salah satu program PNM yang dilaksanakan Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha dan Pengembangan Kelompok. Kegiatan mengarah pada pembinaan klasterisasi usaha berbasis kelompok. Dengan pendekatan kelompok diharapkan aktivitas pembinaan tersebut bisa lebih efektif mengingat adanya kesamaan jenis usaha.

Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis merupakan kota berkembang di Provinsi Jawa Barat. Pemerintahan di kedua daerah tersebut terus mengupayakan eksistensi dan pertumbuhan industri kecil dan industri rumah tangga agar mampu bersaing serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu usaha mikro kecil (UMK) yang memiliki potensi untuk dikembangkan, baik melalui pelatihan maupun pendampingan, adalah kelompok pembuat dan pedagang kue dan makanan kecil di wilayah ULaMM Pasarmanis, ULaMM Kawali, ULaMM Manonjaya serta Cabang Mekaar di wilayah sekitar Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan yang ketiga dari program pengembangan kapasitas usaha klasterisasi usaha pelatihan dan pendampingan nasabah ULaMM Kelompok Usaha Pembuat dan Pedagang Makanan Kecil,” kata dia.

Adapun kegiatan bertema desain dan pengemasan makanan kecil itu bertujuan memberikan wawasan dan memperkenalkan kepada nasabah mengenai beragam jenis desain produk. Nasabah bisa memilih desain produk sesuai selera agar produk yang dihasilkan dapat menarik konsumen dan benar-benar dikemas secara higienis.

Pelatihan tersebut dihadiri Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Tasikmalaya, Komunitas Produksi Makanan Ringan Kabupaten Ciamis, Serikat Petani Sorgum Indonesia (Sepasi), Praktisi Desain Kemasan Produk serta Nasabah Mekaar dan ULaMM. Sementara, narasumber yang dihadirkan yakni Ramdan Ramdani, seorang praktisi desain kemasan produk.

Source PT PNM Asah Keterampilan Nasabah

Leave A Reply

Your email address will not be published.