PT Pertamina EP Dukung Potensi Lokal Menjadi Identitas Daerah

58

31 Agustus 2018 — PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah SKKMIGAS, mempunyai komitmen untuk mencapai target nasional. Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP juga melaksanakan program Community Development untuk memberikan nilai tambah bagi stakeholder. Salah satunya melalui program di Desa Tepian, Kecamatan Sembakung.

Program CSR tersebut diimplementasikan oleh PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field yang mempunyai wilayah kerja di Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Dalam rangka memperingati HUT RI ke 73, Kecamatan Sembakung mengadakan rangkaian kegiatan perlombaan PKK, Senin (27/08). Lomba diikuti 10 Desa yang berada di wilayah Kecamatan Sembakung. Salah satu lomba yang digelar antara lain Baaar UMKM PKK Desa. Dalam bazar ini, setiap desa diwajibkan membawa semua potensi yang ada di desa nya. Pada perlombaan bazar kali ini, Desa Tepian yang merupakan binaan PT Pertamina EP membawa beberapa makanan dan kerajinan yang menjadi potensi desa mereka.

Potensi lokal seperti buah pisang, singkong dan udang sungai yang banyak terdapat di Desa Tepian dimanfaatkan menjadi olahan makanan yakni siomay udang, udang goreng, pentol udang, abon udang, keripik singkong, keripik pisang dan puding pisang. Untuk kerajinan tangan PKK Desa Tepian membawa anyaman daun nipah yang dijadikan wadah makanan, hiasan vas bunga dari plastik daur ulang dan bros yang dibuat dari rumput kumpai.

Source PT Pertamina EP Dukung Potensi Lokal Menjadi Identitas Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.