PT Pertamina EP Dorong Pemberdayaan Ekonomi dan Pembangunan Infrastruktur di Karawang

15

30 Agustus 2018 — PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah pengawasan SKKMIGAS, mempunyai core business di industri hulu migas. Terdapat dua puluh dua lapangan yang dikelola oleh PT Pertamina EP yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Salah satunya adalah lapangan Asset 3 Tambun Field yang memiliki strategi eskalasi produksi.di struktur MB-04. Struktur tersebut ditemukan pada tahun 1982 dan pernah mencapai produksi tertinggi sebesar 14.246 BOPD pada bulan Mei 1991. Lapangan yang terletak di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Kerawang tersebut mempunyai reservoir utama berupa reservoir MMC (Mid Main Carbonat) dan Baturaja.

Sejalan dengan visi misi PT Pertamina EP, kegiatan operasional yang dijalankan tentunya senantiasa dengan memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan. Hal ini diwujudkan antara lain melalui program tanggung jawab sosial Perusahaan di bidang ekonomi. Salah satu implementasinya adalah program Bumi Kreatif Agar Makmur. Bumi Kreatif Agar Makmur merupakan unit koperasi Mina Agar Makmur yang berada di Desa Sedari. Peresmian Bumi Kreatif dihadiri langsung oleh PT Pertamina EP Asset 3 General Manager Wisnu Hindadari serta Bupati Kerawang Cellica Nurrachadiana, Rabu (29/08).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh pihak Pertamina EP dan Bupati Kerawang. Unit Koperasi Bumi Kreatif Agar Makmur akan mempunyai fokus usaha dalam pengelolaan usaha pakan. Koperasi Mina Agar Makmur sendiri merupakan Mitra Binaan CSR PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field sejak tahun 2015 yang merupakan koperasi yang bergerak di bidang rumput laut. Koperasi Mina Agar Makmur hingga saat ini memiliki anggota 72 orang dengan mitra sebanyak lebih dari 400 orang tersebar di Karawang, Bekasi, Subang, dan Indramayu.

Unit usaha Bumi Kreatif Agar Makmur ini nantinya akan fokus pada pengelolaan usaha pembuatan pakan ikan dari sisa rumput laut. Diharapkan ke depan Bumi Agar Makmur dapat menjadi unit usaha koperasi yang sukses sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat baik dari segi ekonomi, sosial maupun lingkungan. Sebelum kegiatan peresmian Bumi Kreatif Agar Makmur ini dilaksanakan telah diadakan Pelatihan Pengoprasian Mesin Pakan Ikan yang telah dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 25 – 26 Agustus 2018.

Dalam sambutannya, Bupati Kerawang memberikan apresiasi terhadap perhatian Pertamina EP “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Pertamina EP yang telah memperhatikan masyarakat dengan program CSR-nya, semoga program rumput laut ini terus berkembang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Cellica Nurachadiana.

Source PT Pertamina EP Dorong Pemberdayaan Ekonomi dan Pembangunan Infrastruktur di Karawang

Leave A Reply

Your email address will not be published.