PT INKA Siapkan SDM dari Siswa SMKN di Banyuwangi

15

17 July 2019 | PT Industri Kereta Api (INKA) Persero selain membangun pabrik di Banyuwangi juga tengah menyiapkan SDM melalui sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN). Termasuk sekolah-sekolah di kabupaten tetangga. Hal itu dikatakan Menteri BUMN Rini Soemarno saat usai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan SMKN 1 Glagah, Banyuwangi, Rabu (17/7/2019).

“Kita sudah melihat, kalau membangun pabrik kita membutuhkan sumber daya manusia baru. Oleh karena itu kita sudah menyiapkan ini sejak awal,” kata Menteri Rini kepada wartawan.

Rini menegaskan, ipilihnya Banyuwangi untuk pembangunan pabrik INKA kedua dan terbesar se-Asean sekaligus membangun sekolah vokasi binaan dan industri PT INKA. Itu ditandai dengan MoU dengan SMKN 1 Glagah.

“Waktu awal kita memilih Banyuwangi, saya langsung katakan kepada Pak Novi (Dirut PT INKA) coba bekerjasama dengan SMK-SMK di daerah Banyuwangi dan sekitarnya, sehingga nanti kita juga bisa menyerap dengan cepat tenaga didik SMK,” tegasnya.

“Dengan demikian, kita dapat membantu SMK dan SMK juga membantu kita,” tambahnya.

Menurutnya, keberadaan SMK juga dinilai dapat membantu dengan cepat beroperasinya pabrik ini. Jadi, kata dia, kerjasama ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan dapat ditingkatkan lagi. Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengaku bangga dengan adanya MoU antara PT INKA dengan SMKN 1 Glagah yang membuka sekolah vokasi binaan dan industri PT INKA. Wabup berharap, SMKN 1 Glagah dapat menghasilkan tenaga-tenaga muda yang ahli di bidang industri perkeretaapian. Selain itu, Wabup Yusuf, juga mengungkapkan terima kasih kepada PT INKA yang telah berinvestasi di Banyuwangi.

“Semoga dengan kerjasama ini bisa menghasilkan tenaga-tenaga muda di bidang perkeretaapian. Dengan begitu, maka tenaga-tenaga muda di Banyuwangi dapat memberi kontribusi kepada PT INKA dan sebaliknya,” ucap Yusuf.

Sementara itu, dalam kunjungan Menteri Rini ke Banyuwangi, turut hadir Dirut PT INKA Budi Noviantoro beserta jajaran, Dirut beberapa BUMN dan PTPN serta jajaran Forkompinda Banyuwangi.

Source PT INKA Siapkan SDM dari Siswa SMKN di Banyuwangi

Leave A Reply

Your email address will not be published.