PT ASDP Salurkan Bantuan 1.000 Kacamata Gratis untuk Pulau Terluar

20

26-02-2017 | Adapun bantuan kacamata dan operasi mata gratis ini merupakan implementasi dari ASDP Charity Golf Tournament pada bulan Maret 2016. Dari kegiatan tersebut, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat luas, akan disalurkan bantuan 1.000 kacamata gratis, yang akan dilakukan secara bertahap. Selain bantuan kacamata dan operasi mata, PT ASDP juga menyalurkan bantuan buku bacaan umum di sejumlah sekolah di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, penyaluran bantuan ini sebagai bukti kepedulian perseroan terhadap masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai atau wilayah terluar Indonesia yang juga lintasannya dilayani oleh perseroan. PT ASDP, lanjutnya, memiliki tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kemajuan dan taraf hidup masyarakat di lingkungan operasional pelabuhan yang dikelola.

Dua armada PT ASDP yakni KMP Gambolo dan KMP Ambu-ambu yang beroperasi di Cabang Padang secara reguler melayani lima lintasan, yakni satu rute komersial (Padang-Tuapejat), dan empat rute perintis (Padang-Sikakap, Padang-Sikabaluan, Padang-Siberut, dan Siberut-Sikabaluan).

“Kami tidak hanya ingin mengejar profit semata, tetapi agar masyarakat di pulau terluar Indonesia juga dapat lebih merasakan kehadiran kami disini,” tutur Faik, di sela seremonial penyerahan bantuan kacamata dan operasi mata gratis kepada sejumlah pelajar Kabupaten Kepulauan Mentawai, di kantor PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Padang, Minggu (26/2) pagi.

Dalam seremonial, turut hadir Asisten II Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai D. Lubis, Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Sioban-Tua Pejat Naziful Iman, perwakilan pelajar dari Kabupaten Kepulauan Mentawai yang telah ditetapkan menjadi sasaran penyerahan bantuan perseroan yakni, SD 17, SD 23, SD 16, SD 13, SD 21, SD 05, SD 18, SD 09, SD Santa Maria, SD Lentera Harapan, SLTP 1, dan SLTP Lentera.

“Kami berharap, bantuan yang kami salurkan ini dapat membantu dan mendukung upaya peningkatan taraf hidup dan kesehatan anak-anak sekolah di wilayah terluar Indonesia dengan tingkat kemiskinan tinggi, yang juga merupakan masa depan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Ketua Panitia ASDP Charity Golf Tournament Christine Hutabarat mengatakan, sebelum dilakukan penyaluran bantuan kacamata dan operasi mata gratis kepada sejumlah sekolah di Kabupaten Kepulauan Mentawai, tim ASDP Cabang Padang telah melakukan survei dan pemeriksaan mata secara gratis di sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Kami peduli dengan masyarakat Mentawai, terutama dalam hal kesehatan dan pendidikan anak-anak, yang belum sepenuhnya mendapat perhatian dan dukungan karena berada di wilayah terluar,” tuturnya.

Saat tim ASDP Cabang Padang melakukan survei dan pemeriksaan mata secara gratis, hasil pemeriksaan menunjukkan kebutuhan kacamata anak-anak pelajar SD di daerah Tua Pejat sangat tinggi. Bahkan, saat diperiksa, sejumlah anak ditemukan terindikasi mengalami penurunan daya penglihatan.

Berdasarkan data statistik BPS Mentawai tahun 2015, khusus untuk pengentasan daerah tertinggal, di Sumatera Barat masih ada 3 Kabupaten yang masih termasuk dalam kategori daerah tertinggal yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat. Capaian tingkat kemiskinan di Kabupaten/ Kota berdasarkan data BPS tahun 2015 sebanyak 7 Kabupaten/ Kota dengan capaian dibawah rata-rata Provinsi sebesar 6,89% yakni Kab. Tanah Datar, Kota Padang, Kota Solok, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kota Sawahlunto dan Kota Bukittinggi, sedangkan kota yang berada dibawah capaian tingkat kemiskinan nasional, yakni Kabupaten Mentawai sebesar 1,66%.

Source PT ASDP Salurkan Bantuan 1.000 Kacamata Gratis untuk Pulau Terluar

Leave A Reply

Your email address will not be published.