Program Kewirausahaan Pertanian BRI Telah Berhasil di 286 Daerah

9

Kamis, 04 Juli 2019 | Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tengah gencar mendorong program kewirausahaan pertanian, dimana hingga saat ini BRI telah memiliki 286 daerah binaan di seluruh Indonesia. Program kewirausahaan pertanian sendiri merupakan program inisiasi Kementerian BUMN yang bertujuan mendorong petani dengan skala ekonomi tertentu untuk berkelompok menjadi wirausaha yang didukung sarana prasarana modern dengan tujuan meningkatkan nilai tambah bagi petani dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto mengungkapkan, dari 286 daerah binaan program kewirausahaan pertanian yang dikelola oleh Bank BRI, komoditas terbanyak yakni padi serta perikanan air tawar. “Selain itu, binaan program kewirausahaan pertanian juga didominasi oleh komoditas peternakan sapi, kopi, hortikultura, perikanan air laut dan jagung.” imbuhnya.

Disamping memberikan akses pembiayaan, dalam program ini Bank BRI memiliki peran dalam pemberdayaan para pelaku usaha. Pemberdayaan yang dilakukan Bank BRI meliputi capacity buildingdalam kaitannya mendorong diversifikasi produk, peningkatan kapasitas produksi, pemasaran dan pengumpulan data.

“Bank BRI juga menciptakan business matching kepada para pelaku kewirausahaan dalam ekosistem sehingga memangkas rantai distribusi produk yang dihasilkan. Dengan semakin pendeknya rantai distribusi produk dari supplier kepada offtaker, maka para pelaku kewirausahaan tersebut lebih efisien dan mendapatkan keuntungan yang lebih baik,” urai Bambang.

Beberapa strategi yang diterapkan Bank BRI untuk terus mengembangkan program kewirausahaan pertanian diantaranya modernisasi proses produksi, penguatan petani, penguatan kelompok, penguatan kelembagaan serta terus mendorong inklusi keuangan.

Salah satu success story program kewirausahaan pertanian yakni MDB (Mitra Desa Bersama) Cisuka yang terletak di Tasikmalaya. Saat ini MDB Cisuka terdiri 36 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dengan total anggota 9.940 petani dan luasan lahan 5.535 hektar. “Dengan adanya program kewirausahaan pertanian, Bank BRI berhasil menyalurkan pinjaman mikro sebesar Rp.26,7 miliar ke MDB Cisuka. Di sisi lain, MDB Cisuka berhasil mendiversifikasi produk yang dibuat serta memperluas wilayah pemasaran produknya hingga mencapai Bandung dan Jakarta,” pungkas Bambang.

Source Program Kewirausahaan Pertanian BRI Telah Berhasil di 286 Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.