Produk Kebun Teh Wonosari Lawang Digandrungi Konsumen Timur Tengah dan Eropa

12

Jakarta, 26 Oktober 2017 – Masyarakat Kabupaten Malang patut berbangga dengan produk teh yang dihasilkan Kebun Teh Wonosari Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.

Sebab, produk teh yang dihasilkan kebun ini memiliki kualitas ekspor terbaik dan digandrungi konsumen dari Timur Tengah dan Eropa. Hal itu dibenarkan, Asisten Kepala sekaligus Wakil Manager Kebun Teh Wonosari PTPN XII, Santika Permana bahwa produk teh Wonosari memprioritaskan kualitas ekspor ke berbagai negara.

“Produksi Kebun Teh PTPN XII ini memprioritaskan produk teh ekspor dengan kualitas terbaik. Kami rata-rata mengekspor produk teh ke Timur Tengah seperti Irak, Aljazair, Pakistan dan Negara Eropa di antaranya Inggris, Belanda, Amerika dan di negara di wilayah negara tersebut,” kata Santika kepada MalangTIMES ketika meninjau lahan kebun teh Wonosari.

Menurutnya teh yamg dihasilkan Kebun Teh Wonosari itu bukan produk teh kemasan melainkan produk setengah jadi atau butiran teh hitam yang diproses melalui mesin berteknologi canggih.

“Jadi kami produksi teh setengah jadi melalui tahapan orthodox yakni proses Cutting, Tearing, dan Curling (CTC). Artinya daun teh diproses mulai petik daun dari pucuk teh, pelayuan, penggilingan, fermentasi, pengeringan, sortasi, pengepakan, sampai pengemasan produk untuk pengiriman ke luar negeri,” terangnya.

Santika menerangkan produk teh Wonosari di ekspor ke Timur Tengah dan Eropa untuk konsumsi sehari-hari, sekaligus diproduksi lanjutan dengan dicampur beragam varian rasa.

“Jadi produk teh kami yang dijual di sana hanya butiran teh hitam saja. Selanjutnya mereka kemas di blend lagi untuk dicampur aneka rasa seperti rosalina. Artinya, di negara yang dimaksud tidak menjual produk minuman dengan rasa khas asli teh itu sendiri,” jelasnya.

Disinggung bagaimana proses pemasaran produk teh Wonosari itu sendiri, Santika menjelaskan pihak PTPN XII sendiri hanya sebagai unit produksi saja. Untuk pemasaran produk tergantung dari suplier atau permintaan pasar melalui Kantor Direksi Pemasaran di Surabaya.

“Kami di sini hanya melayani permintaan dari pasar saja. Untuk detil pengiriman barang dan penjualannya ada di Kantor Surabaya,” tuturnya.

Disamping itu, target produksi Teh Wonosari PTPN XII tahun ini sekitar 850 ton teh pertahun. Sedangkan tahun 2016 laku produksi teh yang sudah terealisasi mencapai 925 ton.

Source Produk Kebun Teh Wonosari Lawang Digandrungi Konsumen Timur Tengah dan Eropa

Leave A Reply

Your email address will not be published.