Produk Inovasi RTC Sukses Uji Coba di HSE TC Sungai Gerong

21

09 September 2018 — Research and Technology Center (RTC) sekali lagi membuktikan produk hasil inovasinya sukses dilakukan uji coba lapangan. Kali ini, RTC mengeluarkan inovasi produk yang dinamakan Pertasurf 31. Sebutan angka 31 dikarenakan produk ini memiliki keunggulan fungsi 3-in-1, yaitu sebagai Aqueous Film-Forming Foam (AFFF), Oil Spill Dispersant (OSD) dan Degreaser.

Uji coba dilakukan di fasilitas HSE TC Pertamina Sungai Gerong, Palembang pada Jumat,10 Agustus 2018, serta dihadiri oleh VP Downstream Research and Technology RTC Masputra Agung, Chief of Petrochemical and Petroleum Non Fuel Research Yana Meliana, Manager HSE TC Sungai Gerong Yulius S. Bulo, HSSE RU III, dan Dinas Pemadam Kebakaran Banyu Asin, Palembang.

Kegiatan field test berjalan lancar dengan hasil yang sangat memuaskan. Sebagai Aqueous Film-Forming Foam, Pertasurf 31 dapat memadamkan api kebakaran fuel dengan waktu yang relatif singkat dibandingkan produk yang selama ini digunakan oleh HSE TC, serta memberikan bentuk foam yang bagus dan stabil.

Sebagai Oil Spill Dispersant, Pertasurf 31 juga dapat membersihkan tumpahan minyak dengan cara mendispersi minyak tumpahan sehingga permukaan air menjadi bersih kembali. Sayangnya, pengujian Pertasurf 31 sebagaiDegreaser tidak dapat dilakukan karena keterbatasan fasilitas. Sehingga tes Degreaserakan dijadwalkan dalam waktu dekat di RU dengan mempertimbangkan kesiapan fasilitas pengujian di lapangan.

Secara umum, Pertasurf 31 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan produk komersial lain. Yaitu, efisien, ramah lingkungan, cost efisien, dan jaminan kualitas.

“Dikatakan efisien karena Pertasurf 31 memiliki 3 fungsi dalam 1 produk, hal ini memudahkan dalam pengadaan dan penyimpan produk di gudang. Pertasurf 31 terbuat dari bahan yang ramah lingkungan sehingga tidak berbahaya terhadap lingkungan dan aman terhadap kesehatan. Pertasurf 31 juga lebih efektif karena dapat diencerkan dengan air sampai dengan 50 x sebagai OSD dan sebagai AFFF pemakaian lebih irit dibandingkan dengan foam yang biasa dipakai. Sebagai produk internal Pertamina, Pertasurf 31 juga terus dijaga dan dipantau kualitasnya, sehingga sewaktu-waktuperformance-nya dapat ditingkatkan bila diperlukan,” jelas Chief of Petrochemical and Petroleum Non Fuel Research Yana Meliana.

Setelah sukses dilakukan uji coba Pertasurf 31 di HSE TC Sungai Gerong, akan dilakukan pengujian di beberapa fasilitas HSSE Pertamina lainnya untuk mendapatkan data yang lebih banyak dan akurat, serta akan dilakukan pengurusan sertifikat pengujian. Selain itu, inovasi formula pada Pertasurf 31 juga akan didaftarkan dalam patent sebelum nantinya akan dikomersialisasi di internal dan external Pertamina.

Source Produk Inovasi RTC Sukses Uji Coba di HSE TC Sungai Gerong

Leave A Reply

Your email address will not be published.