Produk Batik Banyak Dipakai Sekjen PBB, IKM Dipacu Perluas Pasar

20

10/07/2019 | Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengaku bangga, bahwa semakin banyak para pejabat di luar negeri yang menyukai batik serta memakainya dalam acara formal. Salah satunya terang dia yakni, Seketariat Jendral (Sekjen) PBB yang menggunakan batik saat melakukan pidato kenegaraan.

“Saat sidang dewan PBB yang mana Indonesia mempimpin sidang, kita lihat sekjen PBB pakai batik ini luar biasa,” ujar Menperin Airlangga Hartato beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Gati Wibawaningsih menerangkan, untuk meningkatkan akses pasar batik, Kemenperin juga memiliki program e-Smart IKM yang bekerja sama dengan beberapa marketplace.

Melalui program e-Smart ini produk kerajinan, perhiasan dan batik di dorong untuk memasuki pasar online, sehingga memiliki jangkauan pasar yang lebih luas karena dapat diakses oleh konsumen dari berbagai daerah atau bahkan luar negeri.

“Kami juga mendorong agar para perajin batik untuk memperoleh berbagai fasilitas pembiayaan seperti KUR, dan lembaga pembiayaan perbankan/non perbankan lainnya untuk memperkuat struktur modalnya. Dengan demikian, diharapkan industri batik nasional dapat tumbuh signifikan dan daya saingnya meningkat,” tambahnya.

Gati memaparkan di tengah-tengah upaya pembangunan ekonomi, sentra-sentra IKM sebagai basis ekonomi kerakyatan perlu terus menerus dikembangkan. Semangat berkarya dan berkreasi menurutnya perlu difasilitasi melalui kemudahan untuk mempromosikan karya-karya para pelaku IKM.

“Perlu diingat bahwa dalam era globalisasi, produk IKM harus didukung dengan kualitas atau mutu yang baik dan tentunya memiliki standard. Strategi yang perlu dibangun untuk bersaing di pasar global itu, antara lain dilakukan melalui pengembangan inovasi desain dan produk,” tuturnya.

Source Produk Batik Banyak Dipakai Sekjen PBB, IKM Dipacu Perluas Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.