Presiden Argentina Antusias Kerjasama Industri Kereta Api dan Penerbangan

10

28 Juni 2019 | Jakarta – Dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia, Presiden Argentina Mauricio menyatakan keinginannya menikmati buah-buahan khas Indonesia. Dan terkait kerjasama sektor pertanian, Macri Indonesia bisa menyerap teknologi pertanian yang diterapkan Argentina. Dirinya menilai, hal tersebut dapat memberi manfaat bagi kedua negara ke depannya.

Hal itu diungkapkan Macri dalam konferensi pers resmi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019).

Sebelumnya, sebagai sesama negara agraris, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melihat potensi kerja sama sektor pertanian antara Indonesia dan Argentina. Dirinya lantas menyambut baik kerjasama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari Rencana Aksi Kerja Sama Pertanian antara Indonesia dan Argentina.

Bahkan Jokowi juga menawarkan berbagai produk barang dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia seperti pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia, pemeliharaan atau maintenance pesawat melalui PT GMF (Garuda Maintenancet Facility), serta produk lokomotif dan gerbong berstandar Internasional buatan PT INKA.

Mendapat tawaran tersebut, Presiden Argentina menyatakan tertarik dengan tawaran kerjasama perkeretaapian dan industri penerbangan yang ditawarkan Indonesia.

“Sore hari ini, Presiden Macri akan lanjut berdiskusi dengan pimpinan PT. DI dan PT. INKA agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, walau ini merupakan kali pertama Macri menginjakkan kakinya di Indonesia, akan tetapi keduanya sudah pernah bertemu saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hangzhou, China. Dan pertemuan di Indonesia kali ini, entah kebetulan atau tidak, terjadi menjelang KTT G20 di Osaka, Jepang.

“Kami sudah pernah bertemu di saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hangzhou, RRT dan kali ini kami bertemu kembali menjelang KTT G20 di Osaka,” ucap Presiden Jokowi.

Source Presiden Argentina Antusias Kerjasama Industri Kereta Api dan Penerbangan

Leave A Reply

Your email address will not be published.