Pramuka Wanabakti Binaan Perhutani Ikuti Rute Juang

11

SEMARANG, PERHUTANI (8/11/2015) | Tujuh ratus (700) orang anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Tengah mengikuti Jelajah Rute Juang yang dilaksanakan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah. Pembukaan Jelajah Rute Juang Yudha Prawira Kuswa 2015 dilaksanakan di Halaman Parkir Wisma Taurus BPPTU Sapi Perah Baturraden oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Budi Santoso.

Peserta melakukan perjalanan etape I dengan jarak 22 km, melewati Desa Karangsalam-Desa Kemutug Lor-Desa Karangmangu-Desa Ketenger-Desa Melung-Desa Windujaya-Desa Kalisalak-Desa Baseh-Desa Sunyalangu-Desa Sokawera dan finish etape I di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok. Pada malam harinya dilaksanakan pemutaran film yang diisi oleh Saka Wanabakti Kwarda Jateng binaan Perum Perhutani Divre Jateng dan pentas budaya oleh Kwarcab Banyumas.

Etape kedua menempuh jarak 21 km diberangkatkan dari Lapangan Kecil Desa Gununglurah oleh Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan Senin (9/11) dari Desa Gununglurah menuju Desa Rancamaya, Langgongsari, Pejogol, Kediri, Pangebatan, Karanglewas Kidul, Karanglewas Lor dan Finish Etape II di Monumen Pangsar Jenderal Sudirman. Di tempat finish ini semua peserta diwajibkan merayap sebagai kegiatan pamungkas. Malam harinya dilaksanakan upacara pembrevetan, dimana semua peserta mendapat tanda kenangan brevet pramuka Jelajah Rute Juang Yudha Prawira Kuswa 2015.

Di hari terakhir (Selasa, 10/11/15) peserta mengikuti Etape ke III yang akan menempuh jarak 4 km dari Monumen Pangsar Sudirman menuju Alun-alun Purwokerto untuk selanjutnya mengikuti upacara Hari Pahlawan dan penyerahan penghargaan kepada peserta. Hasil lengkap lomba Jelajah Rute Jaung adalah sebagai berikut, kontingen terampil Juara I Kwarcab Magelang, Juara II Kwarcab Klaten dan Juara III Kwarcab Kabupaten Pekalongan. Untuk kontingen tangguh Juara I Kwarcab Cilacap, Juara II Kwarcab Banyumas dan Juara III Kwarcab Kudus.

Kegiatan yang diberi nama Yudha Prawira Kuswa, merupakan agenda dua tahunan yang digelar oleh Kwarda Jawa Tengah, dan tahun ini merupakan kegiatan yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Kwarcab Wonogiri.

Source Pramuka Wanabakti Binaan Perhutani Ikuti Rute Juang

Leave A Reply

Your email address will not be published.