Polri Siap Amankan Investasi di KBN

21

Rabu, 03 Juli 2019 | 12:24 – Kawasan Berikat Nusantara (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan. KBN memiliki asset lahan dengan total luas 586,10 Hektar yang tersebar di 3 lokasi strategis, Cakung, Marunda, dan Tanjung Priok.

Tidak jarang dengan status kepemilikan lahan yang sangat luas di Ibu Kota Jakarta, banyak pihak yang mencoba untuk menguasai asset-asset yang dimiliki oleh KBN dengan berbagai cara. Menggandeng MABES POLRI merupakan salah satu cara yang KBN lakukan dalam mengamankan asset-asset tersebut. Maka dari itu, pada hari Rabu, tanggal 3 Juni 2019 PT KBN (Persero) bersama MABES POLRI akan menandatangani Memorandum Of Understanding (MOU). Adapun poin – poin yang akan dikerjasamakan adalah sebagai berikut:

Poin- Poin kerjasama:

  1. Pemberian bantuan pengamanan dan penegakan hukum di wilayah kerja PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam hal ini dibawah komando Mabes Polri
  2. Pertukaran data dan informasi dalam hal penegakan hukum yang dapat memberikan bantuan kepada PT KBN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  3. Optimalisasi sarana dan prasarana milik PT KBN (Persero) untuk dapat dimanfaatkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam rangka kerjasama di bidang keamanan
  4. Peningkatan kapasitas SDM Khususnya dalam hal pengamanan kawasan yang dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan kegiatan bersama, berupa pendidikan dan pelatihan, lokakarya, seminar, focus group discussion

Acara ini dihadiri oleh:

KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA
1 Irjen.Pol.Drs. Martuani Sormin Siregar, M.Si ASISTEN KAPOLRI BIDANG OPERASI
2 Irjen.Pol.Dr.Drs. Gatot Eddy Pramono.,M.Si KEPALA KEPOLISIAN DAERAH METRO JAKARTA RAYA
3 Irjen.Pol.Drs. Mas Guntur Laupe, SH KEPALA DIVISI HUKUM MABES POLRI
4 Brigjen Pol Drs. Sahimin Zainudin, SH., M.M KAROKERMA KL SOPS POLRI
5 Kombes Pol Royke Harry Langie DIR. RESKRIMUM POLDA METRO JAYA
6 Kombes Pol Iwan Kurniawan DIR. RESKRIMSUS POLDA METRO JAYA
7 Kombes Pol Surya Kumara DIR. PAMOBVIT POLDA METRO JAYA
8 Kombes Pol Budhi Herdi Susianto.,SH.,SIK.,Msi KAPOLRES METRO JAKARTA UTARA
9 Kompol Sarwono, SH, MM KEPALA KEPOLISIAN SEKTOR CILINCING
10 Iptu Joko Suharto KEPALA SUB SEKTOR KBN CAKUNG
11 Brigjen Pol Dr. Agung Makbul, SH.,M.H KAROSUNLUHKUM DIVKUM POLRI
12 Kombes Pol Drs. Sudaryanto, SH.,M.Sc.,M.H KABAGKERMALEM ROSUNLUHKUM DIVKUM POLRI
13 Kombes Pol Achmad Kartiko, S.I.K KABIDKERMA BAINTELKAM POLRI
14 Kombes Pol Drs. Marolop Manik, SH KASUBDITPAMWASTER DITPAMOBVIT BAHARKAM POLRI
15 Kombes Pol Sang Made Mahendra Jaya KEPALA SETUM POLRI
16 Brigjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, SH KAROBINOPSNAL BARESKRIM POLRI
17 Kombes Pol Agus Susanto, S.I.K KABAGPAKATKERMA ROKERMA KL SOPS POLRI

PERANGKAT WILAYAH JAKARTA UTARA
1 H. Syamsuddin Lologau WALIKOTA JAKARTA UTARA
2 Drs. Muh. Alwi CAMAT CILINCING
3 Abdul Rahman Hakim LURAH SUKAPURA
4 Jogi Saputra S LURAH MARUNDA

KBN juga turut mengundang para tenant yang berada dalam kawasan KBN

Perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat mengatur SOP terhadap penegakan hukum dan pengamanan asset di pt kbn serta ditindaklanjuti dengan pembentukan pokja khusus yang akan berkordinasi secara berkesinambungan dengan tim pt kbn dalam hal pelaksanaan poin2 kerja sama.

Dalam kesempatan ini, Dirut PT KBN (Persero) menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

PIDATO DIRUT KBN

Puji Syukur kepada Tuhan YME, karena atas rahmat dan karunianya serta pertolongannya pada hari ini Rabu, 3 Juli 2019, PT. KBN (Persero) Akan Menandatangani Nota Kesepahaman Dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, terkait “Bantuan Pengamanan Dan Penegakan Hukum Di Wilayah kerja PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero).

Maksud Dan Tujuan Dari Penandatanganan Nota Kesepahaman Ini Adalah Sebagai Pedoman Bagi Kedua Belah Pihak dalam rangka Meningkatkan Kerjasama bantuan pengamanan dan penegakan hukum di wilayah kerja PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero).

Di Dalam Nota Kesepahaman Yang Telah Ditandatangani, Disepakati Beberapa Bidang Tugas Yang Akan Disinergikan Pelaksanaannya Yaitu:

•             Pertukaran Data Dan/Atau Informasi;

•             Bantuan Pengamanan;

•             Penegakan Hukum;

•             Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana; Dan

•             Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia KBN.

Bantuan Pengamanan Dan Penegakan Hukum Di Wilayah Kerja PT. KBN (Persero) Sangat Penting, Mengingat Bahwa PT. KBN Merupakan Badan Usaha Milik Negara Yang Bergerak Di Bidang Pengelolaan Kawasan Industri Multipurpose Yang Terintegrasi Dengan Pelabuhan, Berwawasan Lingkungan, Bertaraf Internasional, Berstatus Berikat Sebagai Kawasan Proses Ekspor, Kawasan Non Berikat Dan Jasa Pelayanan Logistik Di Wilayah Usaha Strategi Bisnis Unit Kawasan Cakung, Marunda Dan Tanjung Priok Dengan Luas Wilayah Mencakup Kurang Lebih 586,10 Hektar.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Ini  Ditindaklanjuti Dengan Menyusun Pedoman Kerja Dan Membentuk Tim Kelompok Kerja (Pokja) Yang Terdiri Dari Wakil Kedua Belah Pihak Dan Sepakat Untuk Melakukan Evaluasi Dan Monitoring Secara Berkala.

Selain Itu, PT. KBN Juga Dapat Meminta Bantuan Asistensi Kepada Kepolisian Terhadap Permasalahan Yang Terjadi Di Wilayah Kerja PT. KBN (Persero).

Koordinasi Dan Kerjasama Yang Baik Ini Tentunya Perlu Dituangkan Ke Dalam Mekanisme Yang Jelas Dan Transparan, Sesuai Dengan Tugas Dan Wewenang Kedua belah Pihak, Serta Mengacu Pada Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku.

Demikian disampaikan, Semoga Kerjasama Ini Dapat Menjadi Perekat Komunikasi Yang Baik, Koordinasi Yang Intensif, Serta Kolaborasi Sinergis Antara PT. KBN (Persero) Dengan POLRI.

Source Polri Siap Amankan Investasi di KBN

Leave A Reply

Your email address will not be published.